Pengusaha UMKM Senang, TMMD Ke-118 Kodim 0201/Medan Mampu Dongkrak Ekonomi

INN | MEDAN (SUMUT) – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria usaha mikro.

Disela-sela kesibukan personil satgas TMMD ke-118 Kodim 0201/Medan, Serda Agung, yang juga merupakan Bintara Pembina Desa, melakukan Komsos kepada pengusaha UMKM di Lokasi pengecoran/rigid beton, Jl. Speksi, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Selasa (17/10/2023).

Dalam kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) tersebut, Serda Agung melibatkan dirinya untuk membantu para pekerja yang sedang mengelola hasil tanaman ubi kayu, menjadi makanan ringan keripik.

Didampingi pemilik UMKM, Ibu Nurhabibi Br. Saragih, Babinsa tersebut membantu mulai dari pengupasan ubi, hingga sampai pengemasan hasil penggorengan cemilan kripik tersebut ke dalam kemasannya.

Ibu Nurhabibi Br. Saragih menyampaikan kepada Babinsa bahwa “Usaha UMKM” pembuatan kripik ini dimulai dirinya sejak 5 tahun yang lalu, yang sebelumnya lokasi tersebut merupakan rintisan usaha dari keluarga suami.

“Pengecoran/rigid beton ini sangat membantu sekali, dikarenakan sebelumnya kami sering terkendala terkait jalan menuju ke lokasi usaha saya, baik pada saat kendaraan roda 4 memuat bahan ubi kayu, ataupun para agen kami yang menggunakan roda 2 untuk memasarkan usaha kami.

“Warga di kampung kami ini juga mengalami keluhan yang sama juga, dengan adanya bapak-bapak TNI yang bekerja memperbaiki jalan ini, serasa doa saya dan warga dikabulkan TYME,” tutur Nurhabibi.

“Ibu memiliki putra/putri 3 orang ini juga menambahkan, bahwa usahanya juga mempekerjakan sebanyak 20 orang ibu-ibu rumah tangga, lumayan lho mereka bisa membantu ekonomi keluarganya, sambil tersenyum ibu Nurhabibi kepada Babinsa.

“Saya berdoa, setelah jalan kami telah menjadi bagus, naik jugalah omzet usaha kami,” tutupnya.

(Sumber : Kodim 0201/Medan)