Blangkon Indonesia dan Dewi Shinta Berlaga Di Sector East UNP 7-2 UNIFIL Lebanon Selatan

Spread the love

INN | LEBANON – Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dengan beragam adat dan istiadat yang dimiliki. Sebagai duta bangsa Indonesia Satuan Tugas Yonmek TNI Konga XXIII-R UNIFIL yang sedang bertugas di Lebanon mengenalkan blangkon dan wayang kulit dalam Cimic Meeting di Sector East UNIFIL UNP 7-2, Rabu (20/3/2024).

Kolonel Inf Ragung Ismail Akbar, S.Sos., M.I.Pol. selaku Dansatgas Yonmek TNI Konga XXIII-23 UNIFIL mengatakan bahwa sebagai duta bangsa Indonesia harus mengenalkan budaya bangsa Indonesia di dunia Internasional.

“Kita disini sama-sama bertugas bersama tentara dari berbagai negara di dunia dibawah naungan United Nation (PBB), ini adalah moment yang baik untuk bisa mengenalkan budaya kita kepada mereka”, tutur Dansatgas.

Dalam kegiatan Cimic Meeting di Sector East yang diikuti oleh Staf Cimic Indobatt yang dipimpin langsung oleh Kasi Cimic Mayor Chk Eka Yudha K S.H. bersama Staf G9 Cimic Sector East yang beranggotan dari berbagai negara, antara lain Spanyol, Nepal, India, Serbia, dibawah pimpinan Capt Mario Serrano Gallego dari Spanyol.

“Kita mengenalkan budaya Indonesia wayang kulit dengan blangkon yang kita bawa dari Indonesia kepada semua personel yang ikut dalam rapat tersebut, Dewi Shinta yang merupakan salah satu tokoh dalam pewayangan sempat berlaga dimainkan oleh Lettu Chk Danang, S.H. yang juga mengikuti rapat tersebut”, terang Kasi Cimic.

Major Akhlish salah satu Staff G9 di Sector East yang berasal dari India mengatakan, ” Ya saya tau tokoh Dewi Shinta, di negara saya ada dalam cerita Ramayana”, ungkapnya.

Kegiatan rapat juga dihadiri Liaison Officer (LO) Kapten Arm Lulu Yulandara, S.T.Han berlangsung dengan lancar dan tentunya pengenalan budaya Indonesia menambah situasi rapat menjadi penuh keakraban dan persahabatan.

(Sumber : Pen Satgas XXIII-R UNIFIL)