Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Terima Audensi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)

Spread the love

INN | JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima audiensi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), yang digelar di Gedung Merah Putih KPK di Jakarta. 4 Januari 2023 yang lalu.

SPI tahun 2022 menunjukkan bahwa salah satu titik rawan korupsi tertinggi adalah pada indikator pengadaan barang/jasa (PBJ) yang dilakukan di instansi/lembaga pemerintah. Hal ini selaras dengan data penindakan perkara yang ditangani KPK.

Perkara-perkara korupsi yang ditangani KPK di daerah sebagaian besar adalah PBJ. Dimana modus korupsi PBJ juga sangat berkaitan dengan modus korupsi pada perencanaan anggaran/mark up, maupun suap dan gratifikasi.

KPK juga memberikan beberapa masukan lainnya kepada LKPP. Diantaranya upaya pencegahan tindak pidana korupsi, KPK meminta adanya sharing knowledge terkait referensi UU baru dan teknis audit

KPK menyampaikan masukannya dalam upaya pencegahan korupsi pada sektor PBJ melalui transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan PBJ. Membuat sistem pengadaan barang/jasa secara nasional yang berisi data detail perusahaan, pelaku PBJ, sistem pembayaran, hingga berita acara penyerahan barang, agar seluruh prosesnya transparan.

(Sumber : Biro Penerangan KPK)