Tumbuhkan Generasi Muda Berakhlak Islami, Prajurit Yonif 126/KC Ajari Anak Desa Selat Beting Mengaji

Spread the love

INN | LABUHAN BATU (SUMUT) – Ilmu agama menjadi pondasi utama dalam membentuk karakter anak-anak sejak dini, karena jika anak-anak dibekali moral dan akhlak sejak dini maka kelak akan menjadi anak yang sholeh dan taat beragama berbakti kepada Orang Tua dan berguna bagi Bangsa Negara.

Hal inilah yang dilakukan dua prajurit dari Kipan C Yonif 126/Kala Cakti Brigif 7/Rimba Raya yang tergabung dalam Satgas TMMD 120 Kodim 0209/LB.

Setiap hari usai apel malam Prada Haikal dan Prada Dedi mengajari ngaji anak-anak di Masjid Amaliyah Dusun II Tangkahan Desa Selat Beting, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara (Sumut).

Dansatgas Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro S.I.P menyatakan, meskipun lelah setelah beraktivitas sepanjang hari, Satgas tetap berkomitmen untuk meluangkan waktu guna mengajar mengaji bersama anak-anak SD.

Dilokasi TMMD, kata Dansatgas bukan hanya membangun infrastruktur fisik dan non-fisik, tetapi juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anak-anak.

“Melalui pembelajaran agama, kami berharap anak-anak dapat tumbuh menjadi generasi yang berakhlak mulia dan beriman,” ujar Letkol Yudi.

Kegiatan Ini,lanjut Dansatgas sebagai bentuk upaya untuk membangun pondasi kecerdasan spiritual anak-anak di lokasi TMMD dalam memperdalam ilmu Agama Islam.

“Disini personel Satgas mengajari mengaji anak-anak untuk tumbuhkan generasi muda yang berakhlak Islami,” kata Letkol Yudi.

Abituren Akmil 2003 yang pernah menjabat
Kasiops Divif 3 Kostrad ini menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kepada masyarakat khususnya anak-anak dalam memperdalam ilmu Agama Islam, terlebih dalam hal membaca Al-Quran.

Karena menurutnya,pendidikan agama sejak dini sangat penting dalam membentuk kepribadian anak-anak, “Semua pihak dan lingkungan harus terlibat membentuk mencerdaskan generasi muda,” tambah mantan Danyonif PR 433/Julu Siri ini.

Masih kata Dansatgas, kehadiran Satgas TMMD disini tidak hanya membawa kemajuan fisik, tetapi juga memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai spiritual anak-anak.

“Semangat dan dedikasi para personel Satgas dalam membimbing anak-anak dalam pembelajaran agama merupakan contoh nyata dari komitmen TNI membangun bangsa melalui pembinaan generasi muda yang berkualitas dan berakhlak mulia,” tandasnya.

Terpisah kalangan orangtua mengaku sangat bangga kehadiran TNI bukan hanya membangun infrastruktur saja, ternyata prajurit terlatih perang bisa juga menjadi guru ngaji.

Prada Haikal berharap, “Agar anak-anak di lokasi TMMD ini dapat membaca ayat-ayat Al Qur’an dengan benar dan lancar serta lebih memahami agama Islam”.

“Mengajar mengaji anak-anak sangat banyak manfaatnya untuk menambah semangat dan ketenangan hati. Selain itu dengan rajin membaca Al Qur’an membuat perilaku semakin baik karena terhindar dari perbuatan buruk dan akhlak akan semakin baik seiring waktu,” sebut prajurit Yonif 126.

(Sumber : Pendim 0209/LB)