5.122 Jiwa Warga Desa Selat Beting Nikmati Air Bersih “Dansatgas : Program Unggulan KASAD Harus Diutamakan Demi Kemanusian”

Spread the love

INN | LABUHAN BATU (SUMUT) – Dansatgas TMMD 120 Kodim 0209/Labuhan Batu Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro S.I.P mengatakan, “Berdasarkan data diterima dari Kantor Desa bahwa penduduk Desa Selat Beting saat ini mencapai 5.122 Jiwa terdiri dari Wanita sebanyak 2.512 jiwa dan Pria sebanyak 2.610 jiwa yang menghuni wilayah seluas ± 7.430,25 Ha”.

“Program unggulan Bapak KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak harus diutamakan apalagi untuk kepentingan kelangsungan hidup masyarakat, itu wajib kita atensikan. Karena TNI Lahir dari Rahim Rakyat dan Rakyat adalah Ibu Kandung TNI, TNI dan Rakyat Ibarat Ikan dan Air salingmembutuhkan,” ungkap Pamen yang sebelumnya menjabat Danyonif 433/Julu Siri Kostrad kepada awak media ini, Selasa (21/5/2024).

Kesulitan masyarakat, kata Letkol Yudi termasuk juga kesulitan TNI, khususnya kesulitan TNI AD maka itu kami dari Satuan Teritorial Kodim 0209/LB Korem 022/Pantai Timur Kodam I Bukit Barisan hadir di Desa Selat Beting, Kec. Panai Tengah, Kab. Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 tahun 2024 memberikan sasaran fisik tambahan pembuatan tiga titik sumur bor air bersih layak konsumsi di Dusun II Tangkahan, Dusun II Pasoman dan Dusun XIV.

“Diwilayah terpencil tersebut TNI Berkolaborasi Dengan Polri dan Pemda serta masyarakat wujudkan pembangunan infrastruktur membantu Pemda percepat pembangunan wilayah yang harus dijangkau dengan penuh tantangan rintangan, “jelasnya.

Melalui tema “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepat Pembangunan di Wilayah” Letkol Inf Yudi bersama personel Satgas TMMD 120 mengatasi kesulitan warga masyarakat yang mana selama puluhan tahun merindukan dan mengimpikan Air Bersih Layak Konsumsi.

Abituren Akmil 2003 yang pernah digembleng di Lembah Tidar Magelang tersebut menjelaskan, Desa Selat Beting memiliki 14 Dusun yang mana sebagian masyarakatnya berpenghasilan dari berdagang keliling, buruh perkebunan dan nelayan sungai.

Mendengar dari keluhan warga masyarakat yang didominasi Suku Batak, Mandailing dan Melayu tersebut, selama puluhan tahun mengkonsumsi air Sungai Barumun dan tadahan air hujan (jika hujan deras turun) sebagai kelangsungan hidup sehari-hari, maka Letkol Inf Yudi dengan niat tulus dan ikhlas sebagai prajurit TNI AD peduli kesulitan masyarakat memberikan bantuan pembuatan air bersih layak konsumsi sesuai Program Unggulan KASAD “TNI AD Manunggal Air Bersih

Menindaklanjuti perintah Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, akhirnya Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro S.I.P pun langsung perintahkan Satgas untuk mengerjakan Program Unggulan Air Bersih KASAD.

“Kita sebagai manusia prihatin jika melihat kondisi kehidupan masyarakat yang puluhan tahun konsumsi air sungai,tentu kesehatan mereka terganggu, maka itu saya atensikan sasaran tambahan pembuatan tiga titik sumur bor berikut tandon dan kamar mandi umum, ” ujar Letkol Yudi.

Dansatgas menjelaskan untuk program sasaran fisik utama peningkatan badan jalan sepanjang 1.550 meter dengan lebar 5,5 meter dari Desa Selat Beting menuju Desa Sei Siarti saat ini masih berjalan dan hasilnya sudah kelihatan, masyarakat pun sudah banyak yang menggunakan akses jalan tersebut.

“Dua belas hari dilaksanakan TMMD 120 pekerjaan peningkatan jalan telah mencapai 43 % dan penimbunan tanah telah sampai titik akhir,” terangnya.

Jika tidak ada halangan, lanjutnya hari Jum’at direncanakan pekerjama peningkatan jalan tersebut disiram sertu agar lebih kuat sehingga bisa bertahan lama warga memanfaatkannya.

” Untuk kegiatan non fisik beberapa penyuluhan Satgas berkolaborasi dengan instansi terkait telah melaksanakannya dengan baik dan diterima masyarakat Selat Beting,” tambahnya lagi.

Letkol Inf Yudi mengingatkan kepada seluruh personel Satgas dan Pemda serta warga yang turut membantu agar tetap menjaga faktor keselamatan bekerja dilapangan, tetap menjaga kesehatan, hindari tingkah laku yang dapat merusak nama baik Satuan serta jangan lupa beribadah.

“Tetap semangat, bekerjalah dengan ikhlas dan tulus mengabdi kepada rakyat agar nama baik TNI tetap dikenang sepanjang masa,” tandasnya.

Sementara itu Plt. Bupati Labuhanbatu Hj. Elya Rosa Siregar.,M.Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI, karena melaksanakan kegiatan TMMD ke-120 Kodim 0209/LB Tahun 2024 di Desa Selat Beting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah pedesaan.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk mengadakan program TMMD di wilayah Kabupaten Labuhanbatu. Ini adalah bukti nyata kolaborasi yang kuat antara institusi Pemerintah dan TNI dalam upaya membangun dan meningkatkan infrastruktur serta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu.

“TMMD ini merupakan upaya bersama dalam mempercepat pembangunan di berbagai sektor. Kegiatan ini akan fokus pada pengembangan infrastruktur,peningkatan kualitas lingkungan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan meningkatkan aksesibilitas serta kualitas pelayanan publik,” kata Plt. Bupati. (Red)