Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Satgas TMMD 120 Kodim 0209/LB Gandeng Distan Gelar Penyuluhan Pertanian

Spread the love

INN | LABUHAN BATU (SUMUT) – Untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan hasil panen petani, Satgas TMMD 120 Kodim 02029/LB bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Labuhan Batu menggelar Penyuluhan Pertanian, Kamis 16 Mei 2017 pagi.

Kegiatan non fisik dalam program TMMD 120 dilaksanakan di Aula Balai Desa Selat Beting, Kec Panai Tengah, Kab Labuhan Batu, Sumut dihadiri PPL Kec. Panai Tengah Jasman Hasibuan, Pj. Kades Selat Beting Yusnan Harahap, Babinsa Serda TP. Manulang, Bhabinkamtibmas Aiptu A. Sitepu dan puluhan warga petani.

Jasman Hasibuan menyampaikan bahwa kehadirannya disini mewakili Dinas Pertanian untuk memberikan penyuluhan pertanian dalam rangka kegiatan non fisik TMMD 120 yang digelar Kodim 0209/LB. Disini kita berkolaborasi dengan TNI dan Pemda memberikan penyuluhan pertanian agar memberi pengarahan terkait hal-hal yang menyangkut pertanian.

“Kita ketahui bahwa saat ini TNI terus bergerak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan TMMD, salah satunya meningkatkan ketahanan pangan,” sebutnya.

Kegiatan ini lanjutnya, bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal dengan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pertanian.

PPL memberikan informasi terkini mengenai teknik pertanian modern, pemilihan bibit unggul, serta praktik-praktik ramah lingkungan yang dapat diterapkan oleh para petani di wilayah terisolir tersebut

“Penyuluhan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian lokal, tetapi juga untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup,” ujarnya dihadapan warga petani.

Babinsa Serda TP. Manulang mengatakan, penyuluhan tersebut penting agar petani tetap bersemangat dalam mengelola lahannya.

Disebutkannya bahwa penyuluhan pertanian ini sebagai sarana bagi masyarakat untuk menambah wawasan dan ilmu tentang pertanian.

Selain itu, pada kegiatan penyuluhan pertanian ini, masyarakat diberikan pengetahuan tentang cara pengendalian penyakit pada tanaman dan cara penggunaan pupuk organik dan anorganik serta teori tentang cara bertani yang baik dan benar.

Sementara Pj Kades Selat Beting Yusnan Harahap menyampaikan,sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI, khususnya Kodim 0209/LB yang telah memberikan infrastruktur baru diwilayah Desa Selat Beting khususnya Sumur Bor Air Bersih sehingga masyarakat yang selama ini mengimpikan air bersih terkabul juga berkat Dandim 0209/LB dengan kegiatan TMMD, selain itu peningkatan jalan dan beberapa penyuluhan yang sangat bermanfaat bagi kami warga disini.

“Alhamdulillah dengan adanya pembinaan dari TNI AD,saya mewakili masyarakat lainnya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, semoga apa yang disampaikan dalam kegiatan penyuluhan pertanian ini dapat bermanfaat bagi kami dan masyarakat lainnya,” ucap Pj Kades.

(Sumber : Pendim 0209/LB)