Manusia Adalah Mahluk Sosial, Babinsa Koramil 0201-09/MB Ingatkan Pentingnya Saling Menghormati

Spread the love

INN | MEDAN (SUMUT) – Permasalahan di wilayah binaan Satuan Komando Kewilayahan sangat beragam, mulai dari kriminal, konflik antar warga, penipuan hingga perselisihan yang terjadi di sekitar lingkungan warga, hal ini menjadi tugas penting untuk Babinsa Koramil 0201-09/MB untuk mengingatkan pentingnya saling memghormati, kegiatan ini dilakukan di Jln. Kampar Lingkungan 7, Kelurahan Belawan 1, Kecamatan Medan Belawan, Jum’at (22/3/2024).

Perselisihan kali ini adalah perselisihan kesalah fahaman dalam bertetangga, peran Babinsa dan Aparat Kelurahan khususnya Lurah dan Kepala Lingkungan sangat dibutuhkan, Aparat Kewilayahan harus benar-benar berada ditengah, harus benar-benar netral tidak berpihak kepada siapapun, karena menyelesaikan permasalahan warga binaan, bukanlah hal yang mudah.

Hal itulah yang dilakukan Serda Andrianto bersama Kepala Lingkungan 7, Kelurahan Belawan 1, yang turun langsung membantu menjembatani permasalahan warga binaanya dengan cara mediasi.

Menurut Serda Andrianto, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, perlu adanya mediasi kedua belah pihak dengan difasilitasi dari pihak Aparatur Kelurahan, “Seperti halnya yang terjadi saat ini, kami hadir di sini untuk mendampingi Lurah yang kali ini di wakili oleh Kepala Lingkungan 7, Kelurahan Belawan 1 (Bapak Dika) yang telah memfasilitasi warga yang berselisih faham,” tegas Serda Andrianto.

Serda Andrianto juga menuturkan, “Mediasi pemecahan masalah kesalah pahaman bertetangga tersebut dilakukan dalam bentuk musyawarah, secara kekeluargaan agar tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan,” tutupnya.

(Sumber : Pendim 0201/Medan)