“Gerakan Tanam Serentak Spektakuler 3000 Ha” Kodim 0314/Inhil Kejar Impian Swasembada Beras

Spread the love

INN | INHIL (RIAU) – Dalam rangka mendukung Ketahanan Pangan Nasional (Hanpangan) di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Kodim 0314/Inhil melaksanakan gerakan tanam Padi serentak yang dipusatkan di Desa Kuala Sebatu, Kecamatan Batang Tuaka, Sabtu (17/2/2024).

Turut hadir pada acara tanam serentak tersebut, Pj. Bupati Inhil H. Herman ST. MT., Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati, S.H., M.Han., Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan S. I. K. M. I. K., dan sejumlah OPD dilingkungan Pemkab Inhil, Kepala Bulog Inhil, ketua KTNA Inhil, para Camat, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa dan Kelompok Tani serta masyarakat tamu undangan lainnya.

Gerakan tanam padi serentak tersebut dilaksanakan seluas 3000 Hektar dengan lahan yang tersebar di beberapa Desa di Kecamatan Batang Tuaka, Kempas dan Reteh.

Komandan Kodim (Dandim) 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati, S.H., M.Han., menuturkan pelaksanaan gerakan tanam padi di wilayah Inhil diinisiasi oleh masyarakat desa Kuala Sebatu, dimana lahan tersebut pada awalnya merupakan lahan sawah namun karena terjadi banjir berbulan bulan bahkan tahunan mengakibatkan tidak produktifnya persawahan sehingga tidak dimanfaatkan.

“Tanam Padi ini sebagai upaya Kodim 0314/Inhil bersama Pemkab Inhil meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan produksi padi,” ujarnya.

Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati, S.H., M.Han., berharap setelah dilaksanakannya gerakan tanam padi serentak tersebut dapat memberikan manfaat kesejahteraan bagi masyarakat dalam upaya pemenuhan kebutuhan beras di wilayah Kabupaten Inhil serta mencegah alih fungsi lahan pertanian padi.

“Sudah kami bukakan lahan ini, tolong dimanfaatkan untuk bertanam dengan benar jangan ditinggal,” pesannya.

Sementara itu Pj. Bupati Inhil H. Herman, ST. MT., pada sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Kodim 0314/Inhil yang telah membuka lahan tidak produktif menjadi lahan produktif akibat banjir berbulan-bulan bahkan bertahun.

“Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan gerakan tanam padi serentak 3000 hektar yang dipusatkan di Desa Kuala Sebatu,” ujar PJ. Bupati Inhil.

Pj. Bupati Inhil H. Herman, ST., MT., menyampaikan Pemkab Inhil akan membantu memberikan bibit dan pupuk serta asuransi berupa dana kompensasi jika lahan padi masyarakat terjadi gagal panen, selain itu Pemkab Inhil juga akan membatu pemasaran hasil pertanian masyarakat melalui beberapa program.

Dengan dilaksanakannya tanam padi 3000 Hektar tersebut mampu meningkatkan hasil produksi padi masyarakat minimal setahun dua kali panen, Kabupaten Inhil selama ini dikenal dengan julukan Lumbung Padi namun seiring dengan berjalannya waktu terjadi ahli fungsi lahan yang mengakibatkan kurangnya produksi padi.

“Dengan kegiatan tanam padi serentak ini diharapkan dapat mempertahankan lahan persawahan masyarakat bahkan diperluas sehingga mampu mengembalikan Kabupaten Inhil sebagai daerah Swasembada beras,” pungkasnya.

(Sumber : Kodim 0314/Inhil)