Jupiter Aerobatic Team Singgah Di Palembang Menuju Singapore Airshow 2024

Spread the love

INN | PALEMBANG (SUMSEL) – Tim aerobatik TNI AU Jupiter Aerobatic Team (JAT) tiba di Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Palembang, sebagai bagian dari perjalanan mereka menuju Singapore Airshow 2024, Kamis (15/2/2024). Kedatangan JAT ini bukan hanya sebagai representasi keahlian aerobatik Indonesia tetapi juga sebagai “Duta Bangsa di Angkasa”.

Kedatangan mereka di Palembang hari ini tidak hanya menjadi momen pengembangan potensi minat dirgantara di kalangan pelajar tetapi juga sebagai kesempatan untuk mengedukasi masyarakat Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya.

Ketua Delegasi JAT, Dirlat Kodiklatau Marsma TNI Prasetya Halim, bersama dengan Mission Commander Kadisops Lanud ADI Letkol Pnb Mochammad Yunus, Kalaiklambangja Kodiklatau Letkol Nav Janur Yudo Anggoro, dan para member JAT, yaitu Jupiter 1/Flight Leader Mayor Pnb Ferdian Habibi, Jupiter 2/Right Wing Mayor Pnb I Gede Ngurah S.W., Jupiter 3/Left Wing Mayor Pnb Sang Made Yogi, Jupiter 4/Slot Kapten Pnb Bayu Anugerah, Jupiter 5/Lead Synch Mayor Pnb Pujo Setyo Anggoro, Jupiter 6/Syncro Mayor Pnb Ari N. Widodo, dan Jupiter 7/Narrator Kapten Pnb Ahmad Finandika, disambut oleh Danrem 044/Garuda Dempo Brigjen TNI M. Thohir, Danlanud SMH Palembang Kolonel Pnb Rizaldy Efranza, S.T., M.N.S.S., dan Forkompinda Sumatera Selatan beserta 500 pelajar binaan Lanud SMH.

Danlanud SMH mengucapkan kebanggaan atas kehadiran Delegasi JAT ini karena baginya merupakan mengulang memorinya. Tepat sepuluh tahun yang lalu, Danlanud SMH pernah menyambangi Palembang ketika masih menjadi member dari JAT. Danlanud kembali menegaskan pesan Kasau untuk selalu mengutamakan Safety dan Security dalam pelaksanaan tugas.

Tim JAT akan melakukan Remain Over Night (RON) di Lanud SMH Palembang sebelum melanjutkan perjalanan ke Singapore Airshow 2024, yang akan berlangsung di Changi Exhibition Centre, Singapore, pada 20 – 25 Februari 2024.

Singapore Airshow akan menjadi panggung bagi berbagai tim aerobatik dari berbagai negara, termasuk Indian Air Force’s Sarang, Royal Australian Air Force’s Roulettes, Republic of Korea Air Force’s Black Eagles, dan United States Air Force’s B-52 Stratofortress.

Selain itu, Republic of Singapore Air Force juga akan tampil dengan F-15SG fighter jet dan AH-64D Apache attack helicopter dalam pameran udara mereka. Akan ada penampilan Jupiter Aerobatic Team pada 20-25 Februari 2024, yang menambah semarak kehadiran Indonesia dalam acara penerbangan internasional tersebut.

(Sumber : TNI Angkatan Udara/ril : Puspen TNI)