PMK Siapa Takut? Babinsa 02/KT Siap Membantu

Spread the love

INN | TELUK KUANTAN (INHU, RIAU) – Serka Ardianus, Babinsa Koramil 02/KT, Kodim 0302/Inhu, melaksanakan komsos sekaligus pemantauan dan pengecekan kesehatan hewan ternak milik warga sebagai antisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kegiatan tersebut dilakukan Serka Ardianus dengan menyambangi kandang sapi milik bapak Akbar di Desa Pulau Aro, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Minggu (28/01/2024).

Dalam kegiatan itu, Serka Ardianus juga mengimbau peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah PMK.

“Untuk mengantisipasi wabah PMK bisa dengan melihat langsung kondisi dan kesehatan hewan ternak tersebut,” ungkap Serka Ardianus.

Selain itu, lanjutnya, langkah antisipatif lainnya adalah dengan mewaspadai hewan ternak yang datang dari wilayah luar. Kalau kondisinya tidak sehat, maka harus ditolak.

“Kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas jika didapati kesehatan hewan ternaknya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, luka pada kuku (kuku terlepas), dan lepuh pada mulut,” tandasnya.

(Sumber : Kodim 0302/Inhu)