Pangdam I/BB Pastikan Keamanan Misa Malam Natal 2023 di Kota Medan

Spread the love

INN | MEDAN (SUMUT) – Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan turun langsung mengecek personil gabungan TNI-Polri dan Pemerintahan yang bersiaga di sejumlah titik pada saat Ibadah Misa Malam Natal 2023 di Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu malam (24/12/2023).

“Peninjauan bersama Pj. Gubsu, Kapolda Sumut, Wali Kota Medan dan unsur Forkopimda lainnya ini untuk memastikan keamanan pelaksanaan ibadah misa Malam Natal 2023 di sejumlah Gereja di Kota Medan ini,” ucap Pangdam sesaat sebelum berangkat dari Makodim 0201/Medan sebagai titik kumpul.

Dengan demikian, lanjut Mayjen Hasan, umat Kristiani akan mendapat ketenangan, kenyamanan dan kekhidmatan dalam melaksanakan ibadahnya.

Kegiatan pengecekan Protap PAM Natal 2024 dan Tahun Baru 2024 ini diawali dengan patroli keliling Kota Medan.

Rombongan patroli bergerak dari Pos Terpadu Lapangan Benteng menuju Pospam Jl. Ir. Juanda, Jl. Brigjen Katamso, Jl. Pemuda, Jl. Ahmad Yani, Jl. Bukit Barisan serta Jl. Stasiun Kereta Api.

Kemudian menuju Jl. Balai Kota, Jl. Guru Patimpus, Jl. Gatot Subroto (Pos Pam Carrefour), Jl. Iskandar Muda, Jl. Jamin Ginting, Jl. S. Parman dan berakhir di Jl. Pengadilan Medan sebagai titik Pospam Terpadu Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 Kota Medan.

Di sini, Mayjen Hasan kembali menegaskan, bahwa tujuan peninjauan ini guna memastikan kesiapan seluruh personil dalam memberikan pengamanan.

“Kita tidak ingin pengamanan ini sebagai rutinitas tahunan saja, melainkan benar-bener dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, tanggap situasi, dan sigap mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi di lapangan,” pungkasnya.

Misa Malam Natal

Tak hanya patroli keliling, Pangdam I/BB bersama unsur Forkopimda juga mengunjungi sejumlah Gereja di Kota Medan.

Tujuannya sudah pasti untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada Umat Kristiani dalam melaksanakan ibadah Misa Malam Natal.

Adapun rumah ibadah yang dikunjungi, di antaranya Gereja HKBP Sudirman Jl. Sudirman, Gereja Katedral Jl. Pemuda, GBKP. Km 4 Padang Bulan dan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Maranatha Jl. S. Parman.

Di setiap Gereja yang didatangi, rombongan mendapat sambutan antusias dan suka cita dari para Jemaat, apalagi Pj. Gubsu, Pangdam, Kapolda serta Wali Kota Medan berkesempatan untuk memberikan bingkisan Natal kepada Jemaat Gereja yang dikunjungi.

Turut serta dalam kegiatan, di antaranya para PJU. Kodam I/BB dan Polda Sumut, Dandim 0201/Mdn, Kapolrestabes Medan, serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Pemuka Lintas Agama.

(Sumber : Pendam I/BB)