Pangdam I/BB Pimpin Karya Bakti Hari Juang TNI AD Ke- 78 Di Wilayah Kodim 0201/Medan

Spread the love

INN | MEDAN (SUMUT) – Rangkaian kegiatan menyambut Hari Juang ke-78 TNI AD Tahun 2023 di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan terus bergulir.

Setelah dua hari sebelumnya dilaksanakan bakti kesehatan donor darah dan bakti sosial penyerahan tali asih kepada veteran, warakawuri maupun anak yatim piatu, hari ini, Kamis (14/12/2023) digelar bakti sosial penanaman pohon penghijauan, pembersihan saluran drainase dan doa bersama.

Kegiatan yang dipusatkan di wilayah Kodim 0201/Medan itu dipimpin langsung Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan.

Acara diawali dengan mengunjungi Gereja Methodist Merdeka Indonesia (GMMI) di Jl Gedung Arca No.49, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan.

Di sini, Pangdam bersama PJU Kodam I/BB serta pimpinan GMMI dan pihak terkait lainnya melakukan video conference dengan Kasad, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, MSc.

Dalam vidcon yang diikuti oleh seluruh Kotama TNI AD itu, Kasad menegaskan bahwa kegiatan karya bakti ini merupakan upaya bersatu dengan alam untuk NKRI.

“Saya berharap kegiatan karya bakti ini tidak sekadar formalitas, tetapi bagaimana TNI AD bisa bersatu dengan Rakyat, dan dengan alam untuk NKRI,” jelas Kasad.

Dengan melestarikan alam, Kasad berharap bisa memerangi kemiskinan maupun dampak stunting bagi anak-anak sebagai generasi penerus.

Selesai dari sini, Pangdam beserta rombongan bergerak menuju bantaran Sungai Deli di Kecamatan Medan Maimun untuk menanam pohon penghijauan.

Di sela acara, Pangdam menjelaskan, kegiatan karya bakti ini tidak hanya dilaksanakan secara terpusat di Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kodam XII/Hasanuddin, tetapi juga dilakukan serentak di seluruh Kotama TNI AD.

Untuk wilayah Kodam I/Bukit Barisan, selain di Provinsi Sumut yakni wilayah Kodim 0201/Medan, juga digelar di Provinsi Riau, Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Kepulauan Riau.

“Semua kegiatan karya bakti ini dalam rangka Hari Juang TNI AD. Karenanya, mohon dukungan dan doanya, sehingga kami bisa terus melanjutkan tugas yang diberikan oleh Rakyat untuk NKRI yang lebih baik ke depannya,” ungkap Mayjen Hasan.

Di kesempatan yang sama, Mayjen Hasan juga menegaskan komitmennya dalam pemberantasan narkotika yang dilakukan bersama Polda Sumut.

“Untuk masalah narkotika ini, kami TNI-Polri dan Pemerintah Daerah sangat berharap dukungan informasi dari masyarakat. Karena dengan bersama-sama dan saling membahu, kita pasti bisa memberantas peredaran gelap narkotika ini,” yakin Mayjen Hasan.

Acara karya bakti ini diakhiri dengan pemberian bantuan sembako kepada masyarakat sekitar bantaran Sungai Deli, Kecamatan Medan Maimun, dan foto bersama.

Hadir di acara, antara lain para Asisten Kasdam I/BB, Danpomdam I/BB, Kolonel Cpm Zulkarnain, SH, Kasdim 0201/Medan, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe, Kapolsek Medan Kota, Kompol Selvi, Danramil 0201-04/MK, Mayor Inf Marlon Lasari, Camat dan Lurah Medan Kota.

(Sumber.: Pendam I/BB)