Matakin Kota Medan Adakan Acara Penguatan Dan Pengembangan Organisasi Dengan Ajaran Khonghucu

Spread the love

INN | MEDAN (SUMUT) – Matakin Kota Medan gelar Forum Grup Diskusi (FGD) Agama Konghucu di Hotel Antares Medan, Jalan Sisingamangaraja Medan, Sumatera Utara, Minggu (19/11/2023).

Kegiatan Matakin Kota Medan ini telah rutin dilakukan untuk membentuk masyarakat Bermoral dan Berbudi pekerti yang baik. Pada minggu ini FGD mengangkat tema ” Sosialisasi Dialog Tentang Penguatan Dan Pengembangan Organisasi”.

Ketua Matakin Kota Medan, Js. Alwin menghadirkan Narasumber Bapak Nyoman Sumantra, S.Pd., M.Sos. Dalam menyampaikan materinya menjelaskan, Organisasi akan berjalan dengan baik, jika kumpulan dari berbagai banyak orang memiliki tujuan yang sama.

” Jika kita Berorganisasi itu adalah bagaimana kita berinteraksi dengan banyak orang. Organisasi adalah kumpulan dari berbagai banyak orang dan untuk berbagai banyak orang itu kita memiliki tujuan bersama. Jadi organisasi adalah kumpulan banyak orang yang berbeda, karakter yang berbeda tetapi dalam organisasi kita memiliki tujuan yang sama,” katanya.

Nyoman pun menjelaskan dalam organisasi butuh penguatan dan pemgembangan organisasi. Untuk mencapai tujuan yang sama, sangat dibutuhkan kekuatan yang bersama -sama.

” Jika kita kuat didalam, maka kita akan mencapai tujuan dengan cepat. Jika kita tidak kuat didalam, bagaimana bisa mencapai tujuan? ” jelasnya.

Dalam penguatan sebuah organisasi, ada beberapa yang harus dikuatkan agar seluruh tujuan bersama tercapai. ” Apa yang yang harus dikuatkan, yang pertama adalah pemahaman tertang organisasi tersebut,” tuturnya.

Lebih lanjut, Nyoman menjabarkan, Organisasi Konfosius harus didasari dengan pemahaman ajaran Konfosius yang dinilai mampu menguatkan individu, setiap anggota dengan pemahaman ajaran-ajaran suci dari guru Konfosius untuk mencapai tujuan bersama-sama.

” Ajaran itu yang mendasari, melandasi setiap kebijakan, setiap arah, setiap hal yang akan kita lakukan untuk mencapai tujuan bersama -sama,” ungkap Nyoman.

Dengan dilaksanakannya Sosialisasi Dialog Tentang Penguatan Dan Pengembangan Organisasi, diharapkan setiap semua umat Khonghucu khususnya kepengurusan Matakin Kota Medan menyadari ajaran Komfosius sangat suci dan mulia.

” Tadi kita sudah membahas tentang ajaran suci Khonghucu dan lima hunbungan yang harus diterapkan didalam kehidupan. Jadi ketika setiap bagian dari pada elemen organisasi paham tentang organisasi ini, maka mereka akan melakukan dengan sadar dan mampu mengimplementasikan bersama-sama untuk mencapai tujuan itu,” harapnya.

Nyoman Sumantra juga berpesan, dimanapun organisasi itu sama, bahwa landasannya, pondasinya, harus kokoh. Adapun landasan ajaran komfosius adalah yang pertama Cinta Kasih, Arif Bijaksana, dan Berani.

Ketua Matakin Kota Medan, Js, Alwin mengajak seluruh masyarakat untuk belajar Berbudi Pekerti dan Moraritas serta senantiasa membina diri dengan ajaran Khonghucu.

Tujuan kegiatan ini untuk mengembangkan dan memperkuat pemahaman tentang Organisasi Agama Matakin Kota Medan supaya semua pengurus memahami dan mendapat pencerahan tentang pentingnya berorganisasi yang baik dan meningkatkan kualitas individu pengurus dan bisa kokoh bersatu dan serta memberikan edukasi kepada masyarakat dan umat Khonghucu yang selama ini mungkin masih belum memahami apa itu Tugas dan Fungsi Organisasi Agama Matakin Kota Medan.

Organisasi yang kuat akan bisa memberikan pelayanan, membimbing dan membantu umat Khonghucu secara maksimal.

Pokok ajaran Khonghucu bertujuan untuk menciptakan Dunia yang Aman, Damai, Sejahtera. Menyelamatkan dunia melalui ajaran Moral dan Etika terhadap manusianya.

Memberikan bimbingan serta pemahaman agar berusaha senantiasa menbina diri serta menempuh jalan Suci, menyucikan hati dan pikirannya menuju keseimbangan yang harmonis (Zhong- Yong), tidak berat sebelah.(DD/red)