TMMD Ke-118 Kodim 0206/Dairi, Bupati : Banyak Masyarakat Sukarela Menyerahkan Tanahnya Untuk Pembangunan Jalan 7500 Meter

Spread the love

INN | SIDIKALANG (DAIRI, SUMUT) – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bentuk sinergi lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemda dan Komponen Masyarakat, yang dilaksanakan secara gotong-royong untuk semakin menguatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Kegiatan yang mengusung tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” tersebut dilaksanakan secara serentak di 50 Kabupaten/Kota dengan sistem bottom up planning, dan meliputi sasaran fisik dan non fisik.

Dari 50 Kabupaten/Kota yang melaksanakan TMMD 118 Tahun 2023 salah satunya Kodim 0203/Dairi jajaran Korem 023/Kawal Samudra dibawah Kodam I/Bukit Barisan, kali ini Kodim 0206/Dairi melaksanakan kegiatan TMMD 118 diwilayah Desa Sungai Raya, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Kabupaten Dairi – Sumut selama sebulan dengan kegiatan pekerjaan fisik dan non fisik.

Untuk kegiatan fisik meliputi pekerjaan pembukaan jalan baru sepanjang 7500 meter dengan lebar 6 meter di Desa Sungai Raya menuju Desa Gunung Meriah, pembuatan plat beton 3 unit, sedangkan kegiatan non fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi.

Bupati Dairi Edy Kelleng Ate Berutu menyampaikan bahwa kegiatan TMMD ke-118 yang dilaksanakan Kodim 0206/Dairi sebagai wujud kepedulian TNI kepada Pemda dan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan merata demi mensejahterakan masyarakat.

Seperti pembukaan jalan baru di Desa Sungai Raya benar-benar sangat membantu warga masyarakat agar lancar akses transfortasinya.

“Disini untuk pembangunan jalan 7500 meter dengan lebar 6 meter sangat membantu warga masyarakat dan untuk kegiatan fisik utama tersebut warga masyarakat banyak secara sukarela menyerahkan lahannya untuk dijadikan jalan TMMD 118 tanpa adanya ganti rugi,” ungkap Bupati didampingi Dansatgas TMMD 118 Letkol Inf Goklas P Silaban kepada awak media, Rabu (20/09/2023) usai acara pembukaan.

Bupati juga menyampaikan ,masyarakat sangat bahagia dengan adanya kegiatan TMMD di wilayah Desa Sungai Raya, untuk itu Bupati berharap agar pertanian dan perekonomian diwilayah Sungai Raya semakin meningkat.

“TMMD hadir dikampung ini untuk mewujudkan kesejahteraan warga masyarakat dan membantu meningkatkan perekonomian,” sebut Bupati.

Hal senada disampaikan Dansatgas TMMD 118 Letkol Inf Goklas P Silaban, kita memilih Desa Sungai Raya untuk kegiatan TMMD 118 dikarenakan masyarakat disini sangat membutuhkan akses jalan bagus untuk menjual hasil pertaniannya dan peningkatan kesejahteraan masyarakat juga.

“Masyarakat sebelumnya sangat kesulitan untuk menjual hasil pertaniannya ke kota sehingga kami memilih lokasi pembukaan jalan baru 7500 meter di Sungai Raya agar masyarakat lebih gampang menjual hasil pertaniannya dan kami yakin sekali jika jalan siap tingkat perekonomian warga masyarakat akan meningkat, untuk itu rawat dan peliharalah jalan tersebut,” pesan Dansatgas.

(Sumber : Pendim 0206/Dairi)