TMMD Wujudkan Pertahanan Wilayah Yang Kuat Dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Spread the love

INN | SIMALUNGUN (SUMUT) – Pembinaan pertahanan wilayah (Bintahwil) adalah upaya, usaha, pekerjaan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Satuan TNI AD yang berhubungan dengan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran dalam rangka mewujudkan kekuatan ketahanan wilayah Aspek Darat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang bekerjasama dengan pemerintah daerah, instansi terkait/stake holder, dan komponen bangsa melalui pembinaan Geo, Demo, dan Komsos guna mendukung pencapaian tugas pokok TNI AD.

“Selain mewujudkan pembangunan bersama Pemda dan komponen masyarakat, kegiatan TMMD 117 yang dilaksanakan Kodim 0207/Simalungun Korem 022/Pantai Timur Kodam I/Bukit Barisan di wilayah Nagori Mekar Sari Raya ,Kecamatan Panei,Kabupaten Simalungun juga memperkuat ketahanan wilayah dengan program non fisik yang dilakukan Satgas bekerjasama unsur terkait,” ujar Dansatgas Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han.

Abituren Akmil tersebut mengatakan bahwa melalui TMMD pembinaan ketahanan wilayah (Bintahwil) akan kuat dan dengan kuatnya masyarakat tentu ketahanan wilayah juga kuat dan negara kita kuat tidak bisa digoyahkan siapapun.”TNI,Polri dan seluruh komponen akan kuat jika bersatu”, ibarat “Lidi Disatukan Sulit Dipatahkan,” tegas Dandim 0207/Sml.

Dalam program-program Bintahwil di lokasi TMMD yakni program non fisik seperti penyuluhan Wasbang,Bela Negara dan sosialisasi lainnya serta Kamtibmas yang diisi dengan pihak Kepolisian dan komponen lainnya,selain masyarakat bertambah ilmu pengetahuannya, masyarakat juga akan meningkat taraf kehidupan-Nya lewat seluruh program TMMD 117 yang kita laksanakan di wilayah Dusun Bahtangan, Nagori Mekar Sari Raya, Kec Panei, Kab Simalungun – Sumut, “Kuatnya Bintahwil juga didukung pihak Kepolisian ,Pemda dan masyarakat,” tegas Letkol Yossy.

Dikatakannya, bahwa kegiatan TMMD yang paling istimewa adalah mewujudkan pembangunan dengan cepat dan hasil yang baik,dengan waktu sebulan personel Satgas mampu menuntaskan beberapa sasaran fisik disini,contoh jalan penghubung sepanjang 5200 meter antar Kecamatan Panei-Kec Sidamanik ini sekarang sudah bisa dilalui warga masyarakat petani.

Mereka saat ini bisa menjual hasil pertanian-Nya dengan lancar dan tentunya hemat biaya dan waktu.Sebelum ada jalan antar kecamatan warga sulit melintas-Nya,sekarang sudah lancar.Selain itu jalan siap bisa eratkan silaturahmi antara warga Kec Panei dan Sidamanik.

“TMMD membawa perubahan bagi masyarakat kampung Mekar Sari Raya kearah yang lebih baik dan bermanfaat,” sebut Dansatgas.

Amatan awak media,meski harus menahan panasnya terik matahari personel Satgas dari 3 Matra ,AD,AU dan AL dan personel Kepolisian serta dibantu masyarakat dan Pemda,tetap semangat mengerjakan seluruh sasaran fisik.Debu dan panas tetap dilawan demi mewujudkan pembangunan dikawasan terisolir 21 tahun menanti pembangunan jalan.

Terpisah,Kapendam I/BB Kolonel Inf Rico Julyanto Siagian,S.Sos menyampaikan bahwa kegiatan TMMD 117 Kodim 0207/Simalungun
untuk sasaran pembangunan meliputi sasaran fisik/ infrastruktur serta sarana prasarana pendukungnya adalah peningkatan jalan sebagai penghubung antar kecamatan Panei -Sidamanik sangat diapresiasi sekali,karena masyarakat diwilayah Dusun Bahtangan,Nagori Mekar Sari sebagian menyerahkan tanahnya untuk mendukung pembangunan jalan tersebut.” Ini Bukti Nyata Kemanunggalan TNI -Rakyat” ,TNI dan Rakyat ibarat Ikan dan Air tidak bisa dipisahkan,”sebut Abituren Akmil 97 .

Perwira kualifikasi Infantri tersebut menambahkan bahwa untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan, sosialisasi, pelatihan keterampilan, dan berbagai pelayanan publik seperti pasar murah,sunat massal,KB Kes, pemberian vitamin,pencegahan Stunting,pemberian bantuan ternak ikan dan unggas serta lainnya tersebut juga pembinaan teritorial (Binter) guna menciptakan Bintahwil.

Selain itu,perwira yang pernah menjabat sebagai Dandim Taput Korem 023/KS,tersebut menjelaskan bahwa dilaksanakannya sasaran non fisik yang berbasis desa berkolaborasi dengan unsur terkait itu bertujuan untuk peningkatan SDM dan kesejahteraan masyarakat setempat dan sekitarnya.

“TMMD merupakan kolaborasi antara pemerintah dengan TNI,Polri untuk mempercepat pemerataan pembangunan khususnya infrastruktur di wilayah dalam upaya mengakselerasi kesejahteraan masyarakat, kemudian ketahanan masyarakat desa,serta ketahanan nasional,”tegas Kapendam I/BB kepada awak media di Media Centre Pendam I/BB Jalan Rotan,Medan Petisah,Jum’at (11/08/2023).

Program pembangunan lintas sektoral TMMD 117 Kodim 0207/Sml,lanjut Kapendam sangat membantu kerja Pemda dalam mendongkrak IPM (Indeks Pembangunan Manusia) diwilayah yang sebagian besar penghasilan dari bercocok tanam tersebut,
khususnya di sektor pendidikan, perekonomian, dan kesehatan.

“Untuk itu, kolaborasi dengan TNI selaku mitra Pemda itu diharapkan hasil program TMMD 117 Kodim 0207/Sml ,khususnya pembangunan jalan 5200 meter dapat dirawat masyarakat dan ditingkatkan Pemda,”harap Kapendam.

Dan untuk kegiatan Komsos yang dilaksanakan personel Satgas dimalam hari atau disela istirahat ,ataupun membantu masyarakat dan anak-anak belajar mengaji juga termasuk mewujudkan pembinaan teritorial (Binter) guna menciptakan pembinaan pertahanan wilayah (Bintahwil).
“Selain mewujudkan pembangunan TMMD juga Tingkatkan Kemanunggalan TNI Rakyat,”tandas Kolonel Inf Rico.

Sementara itu,Kadus Bahtangan Nagori Mekar Sari Raya,Harsoyo
mengatakan ,dengan adanya pembukaan jalan baru tersebut,tentu akses transportasi masyarakat semakin lancar dan menghemat waktu.”Sebelum ada jalan baru ,harus menempuh jauh untuk kekota atau ke Kecamatan Sidamanik, sekarang sudah gampang,dan cepat “sebutnya.

Dikatakannya ,TMMD disini sangat membantu masyarakat,khususnya anak-anak sekolah dan dengan adanya jalan baru tingkat kesejahteraan warga akan meningkat dan tingkat pendidikan serta SDM masyarakat meningkat.

“TMMD 117 diwilayah Korem 022/Pantai Timur yang dilaksanakan Kodim 0207/Sml sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Nagari Mekar Sari Raya,selain memperlancar akses transportasi,juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan orang banyak.”Saya selaku yang pernah menjabat Danrem 022/PT ucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah mendukung kegiatan seluruh program TMMD 117 Kodim 0207/Sml. Pesan saya rawatlah jalan yang dibuat personel Satgas,dan tetap dukung TNI,”pesan Brigjen TNI Luqman Arif.S.I.P.

Hal senada juga disampaikan Bapak Jony Saragih bahwa dirinya bersama warga lainnya sangat berterimakasih kepada TNI AD dalam hal ini Kodim Simalungun yang telah membantu masyarakat membangunkan jalan baru .Berkat TNI AD kami memiliki jalan baru .

“Jalan siap kami gampang menjual hasil pertanian ke kampung lain dan anak-anak sekolah pun bisa diantar naik kereta (sepeda motor),semoga hasilnya dapat bermanfaat bagi kami disini semua jalan baru ini,”ungkap Saragih.

Mayjen TNI Herianto Syahputra. S.I.P .M.S.I selaku Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TMMD 117 Kodim 0207/Sml menyampaikan bahwa TMMD yang digelar diwilayah Dusun Bahtangan,Nagari Mekar Sari Raya,Kec Panei dan Nagari Manik Maraja,Sidamanik,Simalungun tersebut Wujud Bakti TNI Mensejahterakan masyarakat lewat Program TMMD 117 Tahun 2023.

“Saya bangga dan sangat apresiasi dengan dukungan penuh dari masyarakat atas kegiatan TMMD di wilayah Nagari Mekar Sari Raya bangga dan salut karena masyarakat mau menyerahkan sebagian lahannya kepada TNI AD untuk pembukaan jalan menghubungkan dua kecamatan,”ujar Wadan Pusterad.

Selaku Tim Wasev sangat apresiasi atas dukungan masyarakat,yang telah menyerahkan sebagian lahannya secara sukarela untuk pembukaan jalan,dan saya sangat juga mengucapkan terimakasih kepada Unsur Forkopimda, Forkopimca dan bapak Pangdam I/BB yang mendukung kegiatan TMMD 117 di Mekar Sari Raya sehingga berjalan lancar dan hasilnya sudah .

“Pekerjaan fisik sudah baik hasilnya dan kedepan diminta Pemkab untuk meningkatkannya, dan kegiatan non fisik juga terlaksana dengan baik,saya sangat berterimakasih kepada Pemda,TNI Polri dan warga yang telah mendukung kegiatan TMMD disini berjalan baik dan lancar.”Luar biasa masyarakat disini,”sebut Mayjen Herianto.

Disini para prajurit Tiga Matra melaksanakan Program Non Fisik pekerjaan pembukaan jalan sepanjang 5.200 M dengan lebar 8 Meter,pemasangan Telfort sepanjang 800 meter,pembuatan gorong-gorong 11 unit, pembuatan galian saluran air dan pembentukan badan jalan sepanjang 5.200 Meter.

Sementara itu,Bupati Kabupaten Simalungun Radiapoh Hasiolan Sinaga diwakili Sekdakab Simalungun Esron Sinaga mengucapkan terimakasih atas kunjungan Bapak Mayjen TNI Herianto dan Bapak Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardien yang telah meluangkan waktunya untuk kegiatan Wasev TMMD 117 diwilayah Nagari Mekar Sari Raya .

“Saya mewakili Bupati sangat berterimakasih kepada TNI AD dalam hal ini Kodim 0207/Sml yang telah membantu dan mendukung Pemkab Simalungun dalam pembangunan infrastruktur,semoga saja kedepannya sinergitas dan soliditas di wilayah Simalungun semakin kokoh dan erat,”sebutnya.

Sementara itu,Kapolres Simalungun
AKBP Ronald C Sipayung,S.Ik sangat apresiasi dengan kegiatan TMMD,disini terlihat jelas kegiatan membangun kebersamaan, kekompakan dan gotong royong warisan leluhur bangsa Indonesia.

“TMMD selain membangun infrastruktur, juga meningkatkan dan mengkokohkan Sinergitas dan Soliditas TNI Polri serta seluruh komponen,”tegas Alumni Akpol 2002.

Sedangkan untuk pekerjaan Non Fisik yakni Penyuluhan Bela Negara,Penyuluhan Wawasan Kebangsaan,Penyuluhan/ Sosialisasi Pelayanan Kesehatan, Penyuluhan/Sosialisasi Hukum dan Kamtibmas,Penyuluhan/Sosialisasi Narkoba,Penyuluhan/Sosialisasi KB Kesehatan,Penyuluhan/ Sosialisasi Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular dan Penyuluhan/ Sosialisasi Stunting,Penyuluhan/ Sosialisasi Pertanian,Perikanan & Peternakan,Penyuluhan/ Sosialisasi Pendidikan, Penyuluhan/Sosialisasi mitigasi bencana kepada masyarakat, Penyuluhan/ Sosialiasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Penyuluhan/ Sosialisasi Kegiatan Pelayanan Publik dan Kependudukan.

Di wilayah Nagari Mekar Sari Raya terkenal UMKM Kacang Goreng dan Rengginang tersebut personel Satgas selama sebulan ada yang menginap di Pos Kotis dan rumah-rumah warga .Mereka berbaur bersama warga demi meningkatkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat dan Kokohkan Persatuan dan Persatuan.

Diwilayah Dusun Bahtangan,Nagari Mekar Sari Raya,Kecamatan Panei,Kab Simalungun yang memiliki jumlah penduduk 2170 jiwa tersebut personel Satgas Tiga Matra dan Personel Polri serta unsur terkait mengabdikan dirinya membangun infrastruktur dan mental warga masyarakat lewat program fisik dan non fisik.

(Sunber : Kodim 0207/Sml)