Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto Menyerahkan Pesawat C-130J-30 Super Hercules Kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono

Spread the love

INN | JAKARTA – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyerahkan pesawat C-130J-30 Super Hercules kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Lanud Halim Perdanakusuma dan disaksikan oleh Langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, Rabu (08/03/2023).

Penyerahan ini turut disaksikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. C-130J-30 Super Hercules ini akan dioperasionalkan oleh Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma.

Presiden Jokowi mengatakan pesawat Super Hercules C-130J-30 ini bisa mengangkut pasukan lengkap dengan parasut 98 orang, dan apabila pasukan saja bisa 128 orang, juga bisa mengangkut 19,9 ton barang. “Artinya bagus untuk operasi militer maupun non militer dan bantuan bencana alam. Jangkauannya bisa mencapai seluruh Indonesia dengan jam terbang 11 jam,” kata Presiden.

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pertahanan RI telah memesan lima unit pesawat C-130J-30 Super Hercules, di mana keempat unit lainnya akan dikirim secara berkala pada Juni, Juli, Oktober tahun ini, dan Januari 2024.

Menhan Prabowo mengatakan C-130J-30 Super Hercules tersebut akan dapat menjalani perawatan dan perbaikan (Maintenance, Repair, and Operation/MRO) di Indonesia, yang akan melibatkan dan mendukung industri pertahanan dalam negeri.

(Sumber : Biro Penerangan Kemenhan RI)