Cek Kesiapan Operasi, COE/ORI UNIFIL Sambangi INDOBATT

Spread the love

INN | LEBANON – Tim Contingent Owned Equipment (COE)/Operational Readiness Inspection (ORI) United Nation Intern Force In Lebanon (UNIFIL) melaksanakan pemeriksaan terhadap kesiapan operasi dan perlengkapan utama yang dimiliki Satgas Bataliyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-P / UNIFIL, Lebanon, Kamis (19/01/2023).

Kegiatan COE/ORI ini diketuai oleh Mr. Volodymyr Oleka beserta Tim dari UNIFIL Headquarter yang berlangsung selama dua hari (18-19 Januari 2023), diterima dengan hangat oleh Kolonel Inf Fikri Ferdian S.Sos.,M.M. selaku Komandan Satgas. Pemeriksaan dimulai dari Task Force Bravo (UNP 7-3), Kompi Alligator (UNP 9-63 dan UNP 9-15), Kompi Charlie (UNP 9-2) dan di akhiri di Kompi Delta, Kompi Markas dan Kompi Bantuan (UNP 7-1).

Materi pemeriksaan dibagi kedalam dua bagian yaitu Major Equipment dan Self Sustainment. Untuk Major Equipment meliputi kendaraan tempur, kendaraan ringan, kendaraan pendukung operasional, alat berat zeni, alat observasi, kontainer, senjata dan munisi, generator, alat kesehatan, serta peralatan anti huru-hara. Khusus untuk pemeriksaan kendaraan mulai dari kelengkapan kendaraan, sistem persenjataan, dan sistem pengereman untuk menghindari terjadinya kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Pemeriksaan Self Sustainment meliputi pelayanan catering, perlengkapan kantor, alat komunikasi, listrik, fasilitas hiburan, pemeliharaan bangunan, laundry, dan kelengkapan serta kebersihan lingkungan, yang tentunya sangat diperlukan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan seluruh peacekeeper dalam melaksanakan tugasnya.

(Sumber : Puspen TNI)