Wadan Koramil 0201-16/TM Hadiri Acara Keberlanjutan Dan Replika Program Inovasi “DESA SATU” Di Desa Sei Merah

Spread the love

INN | DELI SERDANG (SUMUT) – Program Cerdas, Opung Sari Basah Bang, Mesra Bertuah mewujudkan ” DESA SATU” (Deli Serdang Sekolah Bermutu) menjadi salah satu inovasi dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) sejak tahun 2020 yang digelar oleh Kemenpan-RB.

*Wadan Koramil 0201-16/TM Kodim 0201/Medan, Kapten Inf Ilias Sinaga Hadiri acara Kegiatan Team Monitoring keberlanjutan dan Replikasi program Inovasi Deli Serdang sekolah bermutu “( Desa Satu) ini dilaksanakan secara bergilir ditiap sekolah tingkat SD dan SMP se Deli Serdang.kali ini dilaksanakan di SDN 104717 Dsn. 1 Desa Sei Merah, Kecamatan Tanjung Morawa, Rabu (12/06/2024).

Program tersebut merupakan kolaborasi atau gabungan dari 3 inovasi-inovasi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Deli Serdang melalui Dinas Pendidikan.Pertama konsep cerdas (Percepatan Rehabilitasi dan Apresiasi Terhadap Sekolah ) dimulai pada tahun 2005, konsep Opung Sari Basah Bang (Operasi Pungut Sampah Setiap Hari, Bank Sampah Sekolah dan Pembinaan Berjenjang) dimulai pada tahun 2014 dan Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bersama Orang Tua, Masyarakat dan Sekolah pada tahun 2016.

Secara terperinci,Kadis pendidikan menjelaskan antara lain Konsep CERDAS adalah Akroniim dari “CER” fokus pada perbaikan sarana dan prasarana pendidikan dari tidak layak menjadi layak pakai dengan bertumpu pada tiga pilar kekuatan yakni pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha dan Industri, “DAS” fokus pada peningkatan mutu layanan pendidikan

Konsep Mesra Bertuah adalah Akronim dari Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bersama Orang Tua, Masyarakat dan Sekolah sebagai upaya menciptakan suasana sekolah yang aman, nyaman dan menyenangkan melalui harmonisasi dan sinergitas antara 3 Pusat Pendidikan yaitu sekolah, keluarga dan masyarakat.

“Semuanya itu akan bermuara pada Konsep program ‘DESA SATU’ yaitu Akronim dari Deli Serdang Sekolah Bermutu diwujudkan melalui komitmen bersama dengan mengintegrasikan 3 inovasi di atas secara bersama-sama dan terus menerus,” jelas Kadis.

Kegiatan Deli Serdang sekolah bermutu”(Desa Satu)”ini sangat positif sehingga dapat melahirkan generasi yg berkualitas serta bermanfaat demi kemajuan bangsa dan negara kedepannya, i”mbuh Wadan Ramil 0202-16/TM”.

(Sumber : Pendim 0201/Medan)