Babinsa Sebagai Motivator Berdirinya Pos Kamling Di Wilayah Koramil 0201-06/MS

Spread the love

INN | MEDAN (SUMUT) – Dalam upaya memperkuat keterlibatan TNI dalam kehidupan bermasyarakat, peran Babinsa (Bintara Pembina Desa) menjadi sangat penting dalam suatu wilayah yang memerlukan kehadiran Babinsa.

Pada hakikatnya TNI Khususnya TNI AD (Babinsa) dilahirkan dari Rakyat dan kembali ke Rakyat sebagai bukti TNI pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara RI, Babinsa sebagai ujung tombak TNI di tingkat Desa memiliki peran yang strategis dalam membina masyarakat binaannya, dengan pendekatan yang lebih dekat, Babinsa mampu menjalin hubungan yang erat dengan warga masyarakat serta memfasilitasi berbagai program pembangunan.

Peltu Subiyanto Babinsa Kel. Sei Sikambing B, Kec. Medan Sunggal salah satu peran utama Babinsa kodim 0201/ Medan, tepatnya di koramil 0201-06/MS adalah sebagai penghubung antara TNI dan masyarakat, hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mendengarkan keluhan, Sabtu (8/6/2024).

Babinsa juga aktif bekerjasama unsur Tiga Pilar Kel. SSB dalam menghidupkan kembali Keamanan Lingkungan (POS SISKAMLING) dalam pelaksanaan Pos Kamling langsung di bawah kendali masing-masing para Kepala Lingkungan Kel. Sei Sikambing B.

Hal senada juga di sampaikan oleh Danramil 0201-06/MS bahwa Babinsa juga memiliki peran dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya. Mereka melakukan patroli rutin untuk memantau situasi keamanan serta memberikan peringatan dini terhadap potensi konflik atau gangguan keamanan lainnya, dengan kehadiran Babinsa, masyarakat merasa lebih Aman dan tenteram dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dengan Demikian peran Babinsa dalam membina masyarakat bukan hanya sekadar sebagai aparat keamanan, tetapi juga sebagai agen perubahan yang berperan aktif dalam pembangunan dan kemajuan wilayahnya. Keberadaan mereka menjadi salah satu pilar penting dalam membangun hubungan yang harmonis antara TNI dan masyarakat serta mewujudkan kesejahteraan bersama di tingkat Desa/Kelurahan .