Ibu Panglima TNI Sambangi Wilayah Terdampak Bencana, Berikan Bantuan kepada Masyarakat dan Apresiasi Prajurit

Spread the love

INN | AGAM (SUMBAR) – Ketua Umum Dharma Pertiwi/Ibu Panglima TNI, Evi Shopia Indra Subiyanto menyambangi wilayah terdampak bencana di Wilayah Bukik Batabuah pada Kamis (23/5) pagi. Ibu Panglima TNI juga berikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana serta berikan apresiasi kepada prajurit yang telah bekerja keras membantu masyarakat terdampak bencana alam.

Sejumlah pejabat tampak menyambut kedatangan Ibu Panglima TNI beserta rombongan diantaranya Pangdam I/BB Mayjen TNI Muhammad Hasan bersama Ibu Ketua KCK Daerah I/BB Ny. Anggi Muhammad Hasan, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Agus Hariadi bersama Ibu Ny Nana Agus Hariadi, Danrem 032/Wbr bersama Ibu Ketua Persit KCK Koorcabrem 032/Wbr Ny. Trismi Wahyu Eko Purnomo dan sejumlah Pejabat Pemprov Sumbar serta pengurus Dharma Pertiwi daerah lainnya.

Rombongan sampai di Bukik Batabuah Kabupaten Agam pada pukul 11.45 WIB. Kemudian melihat lokasi terdampak bencana. Pemandangan yang memilukan menyentuh hati Ibu Panglima TNI yang kala itu juga mengunjungi beberapa rumah warga yang terdampak.

Ia juga memberikan santunan terhadap warga yang telah ia kunjungi tersebut. Kemudian Ibu Panglima TNI serta rombongan menuju lokasi pengungsian. Dimana di lokasi tersebut terdapat ratusan warga yang menanti kedatangan Ibu Panglima TNI di dalam tenda dengan berjejer rapi.

Bantuan yang diberikan oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi tersebut berupa sembako, pakaian, perlengkapan wanita dan bayi, kasur, selimut dan perlengkapan lainnya.

“Kita sangat merasa prihatin dengan adanya bencana alam ini, kita bersama rombongan telah mengunjungi wilayah yang terkena dampak dari banjir lahar dingin. Saya bisa merasakan kegetiran mereka bagaimana kejadian pada hari itu. Saya melihat batu-batu yang sangat besar terbawa hingga ke rumah warga sehingga banyak rumah warga yang rusak,” ujar Ibu Panglima TNI saat mengunjungi wilayah terdampak bencana di Bukik Batabuah pada Kamis (23/5/2024).

Mengingat adanya himbauan terkait banjir lahar dingin susulan, Ibu Panglima TNI menjelaskan kepada masyarakat untuk dapat menaati hal yang telah diingatkan oleh pemerintah.

“Mengingat adanya himbauan lahar dingin susulan sebelumnya sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Presiden Joko Widodo mengingat cuaca juga tidak menentu, sering hujan, semoga tidak ada lagi korban maupun kerugian materi,” ungkapnya.

Selain itu, ia mengapresiasi Tim Gabungan Penanggulangan Bencana yang diri dari TNI, Polri, Pemda dan para relawan yang telah stand by di lokasi terdampak bencana. Sehingga hal itu menggerakkan hatinya untuk memberikan tali asih untuk memotivasi Tim guna memberikan semangat agar bekerja tulus dan ikhlas.

“Kita berikan juga apresiasi kepada prajurit dibawah kendali Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Muhammad Hasan yang dikendalikan langsung oleh Danrem 032/Wbr Brigadir Jenderal TNI Wahyu Eko Purnomo yang telah mengerahkan seluruh tenaganya siang dan malam untuk membatu rehabilitasi untuk percepatan pemulihan dampak bencana di lokasi ini, diharapkan hal ini dapat meringankan beban masyarakat dan membantu masyarakat. Mereka rela meninggalkan keluarga mereka untuk menbantu masyarakat terdampak bencana ini,” ungkapnya lagi.

(Sumber : Puspen TNI)