Babinsa Koramil 0201-16/TM Monitor Kegiatan Perayaan Hari Raya Waisak di Wihara Buddha Narada Tanjung Morawa B

Spread the love

INN | DELI SERDANG (SUMUT) – Babinsa Koramil 0201-16/TM Kodim 0201/Medan Serka B Prayetno dan Serka Susanto Monitor bersama Bhabinkamtibmas Aiptu Joni Harto monitor kegiatan Perayaan Hari Raya Waisak di Wihara Buddha Narada Tanjung Morawa berjalan dengan aman dan lancar, Waisak merupakan hari suci yang diperingati oleh seluruh umat Buddha di seluruh dunia, umat Buddha melaksanakan acara di Vihara Naradha Jalan Karya Dharma, Gg. Gambas, Dusun 2 Desa Tanjung Morawa B juga tidak akan ketinggalan untuk ikut merayakannya.

Untuk perayaan Waisak tahun ini yang akan jatuh pada 22 Mei 2024, umat Budhha di Vihara Naradha juga Mereka menggelar perayaan Waisak di vihara yang berlokasi di Desa Tanjung morawa B ini

Ketua Yayasan Vihara Buddha Naradha, Bpk Avo Karim (52), mengungkapkan, untuk perayaan Waisak di viharanya sudah dilaksanakan sekitar satu bulan yang lalu, kegiatan persiapan itu di kalangan umat Buddha dikenal dengan kegiatan Sebulan Penghayatan Dhama (SPD).

Diantaranya melakukan puja bhakti atau meditasi selama satu jam pada pukul tujuh malam. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan pharita suci, dhamadesana (ceramah) dan mendoakan leluhur.

“Rencananya, pada tanggal 22 nanti kami akan melakukan patidhana atau mendoakan leluhur,” kata Avo Karim pada Rabu (22/5/2024).

Selebihnya, tidak ada persiapan spesifik. Mereka akan lebih fokus pada acara sedekah bumi yang diadakan pada siang hari, pukul 13.00 WIB.
Sementara pada hari raya Waisak tanggal 22 Mei 2024 akan ada beberapa rangkaian acara, acara yang pertama adalah melakukan Fang sen atau lepas satwa. Hal ini diharapkan bisa mendatangkan kebahagiaan bagi hewan yang dilepas.

Setelah itu, kata dia, akan dilaksanakan ziarah makam untuk menyambut waisak pada malam harinya. Kegiatan ini dilanjutkan dengan mengelilingi vihara sebanyak tiga kali sambil membaca kitab pharita.

“Ketika membaca pharita, kami membaca satu bait saja, namun dibaca berulang-ulang,” ungkap Avo Karim.

Acara selanjutnya adalah dengan melakukan puja bhakti pada pukul 20.59 Wib, ada pembacaan pharita sambil melakukan meditasi, estimasi waktu kurang lebih selama 30 menit sampai dengan satu jam.

(Sumber : Pendim 0201/Medan)