Komsos Babinsa Koramil 0201-14/PB Berikan Semangat Kepada Binaan Dalam Pembuatan Pupuk Organik Dari Kotoran Hewan

Spread the love

INN | DELI SERDANG (SUMUT) – Bertujuan untuk meningkatkan semangat usaha di wilayah binaan, Serka Aris Babinsa Koramil 0201-14/PB membantu pencampuran pembuatan pupuk warga binaan yang berada di Desa Jati Kesuma, Kec. Namorambe, Kab. Deli Serdang, Selasa (21/5/2024).

Dalam dunia pertanian maupun bercocok tanam tentunya tidak lepas dari yang namanya media tanam dan pupuk, keduanya sangatlah penting, namun pupuk merupakan salah satu komoditas utama dikarenakan memegang fungsi vital terhadap berlangsungnya tumbuh kembang tanaman.

Ada berbagai macam jenis pupuk yang banyak ditemukan, salah satunya pupuk organik padat yang diproduksi oleh Bapak Eben Purba salah satu warga binaan Babinsa Serka Aris.

Saat ditemui Babinsa, Bapak Eben Purba menyampaikan, “Pupuk organik padat merupakan salah satu jenis pupuk kompos yang berbentuk padat”.

“Sebenarnya mudah membuat pupuk asalkan sudah mempunyai bahannya, pupuk organik padat biasanya berasal dari bahan organik, misal dari kotoran kambing, sapi, bahkan limbah rumah tangga,” terang Bapak Eben purba.

“Kalau pupuk organik yang saya buat dari kotoran hewan dan dipasarkan di wilayah sekitaran saja,” sebutnya.

Di tempat yang sama, sambil membantu mengeruk gundukan bahan pupuk dari kotoran hewan untuk proses pencampuran, Serka Aris mengatakan bahwa usaha pembuatan pupuk organik dapat dikatakan cemerlang dan menguntungkan.

“Pupuk dari bahan organik yang diperlukan banyak petani, sehingga sangatlah menguntungkan menjalankan usaha ini, untuk penjualan saya menyarankan agar Bapak Eben Purba mencoba melakukan promosi lewat media sosial,” ucap Babinsa.

“Hal ini juga menguntungkan dalam pemasaran sebab lewat media sosial produk cepat dikenal sehingga bisa menarik konsumen secara luas,” imbuhnya.

(Sumber : Pendim 0201/Medan)