Tasyakuran Milad Ke-73 Yayasan UISU Dan Universitas Islam Sumatera Utara Di Isi Beragam Kegiatan

Spread the love

INN | MEDAN (SUMUT) – Keluarga Besar Yayasan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menggelar tasyakuran Milad Yayasan UISU ke-73 dan dirangkai dengan tasyakuran Milad UISU ke-72, Rabu (3 Januari 2024), di Mesjid Al Munawarah Kampus UISU SM. Raja Medan.

Diketahui, Yayasan UISU sendiri berdiri sejak 3 Januari 1951, yang dibentuk oleh lima putra-putri Islam pejuang pendidikan yakni Almarhum Bahrum Jamil, Almarhum Adenan Benawi, Almarhumah Sariani A Siregar, Almarhum Rivai Abdul Manap Nasution, dan Almarhum Sabaruddin Ahmad.

Berselang setahun kemudian, tepatnya pada 7 Januari 1952, kelima putra-putri islam pejuang pendidikan ini berinisiatif mendirikan Universitas Islam Sumatera Utara yang merupakan universitas pertama di luar Pulau Jawa.

Dalam sambutan dan arahannya pada kegiatan yang mengangkat tema “Dengan semangat milad kita tingkatkan ukhuwah Islamiyyah Keluarga Besar UISU” Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution, drg., PhD., Sp.Pros., Subs PKIKG(K).,FICD yang juga bergelar Datuk Cendikia Darmalaksana Raja mengatakan, “Pihaknya sebagai generasi penerus harus menjadikan tekad dan inisiatif para pendiri sebagai tauladan tentang tekad perjuangan, niat mulia, keikhlasan untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa”. 

“Alhamdulillah di usia ke-73 Tahun, kini Yayasan UISU telah berdiri megah, terdapat berbagai institusi pendidikan mulai tingkat Sekolah Menengah pertama sampai tingkat Universitas yang berlokasi di Medan dan Pematang Siantar dan melahirkan ribuan lulusan yang tersebar di berbagai pelosok dunia dan berkiprah di berbagai profesi,” ujarnya.

Selain itu, Prof. Ismet mengatakan, “Tugas utama sebagai generasi penerus adalah melanjutkan cita-cita mulia para pendiri Yayasan UISU”. 

“Sesuai dengan perkembangan peraturan yang ada, kebutuhan masyarakat serta perkembangan ilmu dan teknologi yang berkembang begitu dinamis, maka pada Milad Yayasan ke-73 tahun ini saya mengajak kita semua untuk melakukan muhasabah atau evaluasi diri secara jujur terhadap peran, tugas dan capaian yang telah kita lakukan sesuai peran dan tugas kita masing-masing. Melalui prinsip umum keilmuan, evaluasi diri tersebut dapat kita lakukan dengan berpedoman kepada analisis SWOT yang dimulai dengan keberanian mengidentifikasi secara jujur penuh makna kelemahan-kelemahan yang ada pada UISU baik di unsur Yayasan yaitu Pembina, Pengawas dan Pengurus serta di seluruh jajaran akademik. Semoga Allah SWT memberi taufik, hidayah dan Inayah nya kepada kita untuk tetap berada dalam barisan orang-orang yang Istiqomah untuk memajukan UISU dan terhindar dari sifat thughyan yaitu penyimpangan atau melampaui batas,” pesannya. 

Sedangkan Rektor UISU Dr. Safrida, SE., M.Si., memberikan apresiasi kepada jajaran Pengurus Yayasan UISU, khususnya Ketua Umum yang dijabat Prof. Ismet yang selama ini sudah sangat concern dalam membesarkan nama UISU sekaligus melanjutkan cita-cita luhur para pendiri UISU.

“Kita juga memberikan apresiasi kepada Ketua Panitia Milad Yayasan dan Universitas yakni Bapak H. Ikrom Helmi Nasution SH, yang sudah bekerja dengan sangat gigih hingga kegiatan yang sangat sakral ini bisa berlangsung dengan sangat khidmat,” ujarnya.

Selain itu, Rektor UISU juga mengatakan, “Dalam 8 bulan terakhir, berkat kerjasama dan koordinasi yang sangat baik dengan Yayasan, UISU di tahun 2023 lalu bisa menghadirkan 5 guru besar fakultas”.

Sementara itu, Ketua Panitia Milad Yayasan UISU ke-73 dan Universitas Islam Sumatera Utara ke-72, H. Ikrom Helmi Nasution SH, dalam laporannya mengatakan, “Tasyakuran Milad ini juga melaksanakan berbagai kegiatan seperti kejuaraan olahraga yang diikuti berbagai unsur di UISU”.

“Untuk hari Kamis akan diadakan festival Lowongan Kerja (Loker) yang difasilitasi Disnaker Provsu, juga bakal ada silaturahmi Rektor dengan para mantan rektor untuk tetap menjaga ukhuwah Islamiyah antar semua unsur di UISU,” jelasnya.

Ikrom Helmi juga mengatakan, puncak acara Milad Yayasan dan Universitas UISU ini nanti akan dilaksanakan Gerak Jalan Sehat, Minggu (7 Januari 2024) yang mengambil rute start dan finish di Kampus UISU SM. Raja Medan.

“Kita mengharapkan sinergitas antar semua unsur di UISU agar semua rencana kegiatan kita berjalan lancar dan di Ridhoi Allah SWT,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, mewakili Pj. Gubernur Sumatera Utara Hasanuddin yaitu Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Basarin Yunus Tanjung, M.Si.

Turut hadir beberapa anggota Pembina, Pengawas serta Pengurus Yayasan UISU, para wakil Rektor, Dekan beserta Wakil Dekan, Dosen, Staf dan Pengajar serta Mahasiwa Universitas Islam Sumatera Utara.

Acara Tasyakuran Milad Yayasan UISU dan Universitas Islam Sumatera Utara ini sendiri ditutup dengan mendengar tausiyah yang disampaikan Prof. Dr. Ir. Basyarudin, salah seorang penceramah kondang di Sumatera Utara dan juga Guru Besar Fakultas Pertanian UISU.(NHS/red)