Disaksikan Pangdam I/BB, Kodim 0208/Asahan Raih Piala Kasad Pada Lomba Kampung Pancasila 2023

Spread the love

INN | MEDAN (SUMUT) – Dalam acara nonton bareng (nobar) Penghargaan Kasad pada Lomba Kampung Pancasila dan Dialog Kebangsaan Tahun 2023 yang digelar secara daring dari Mabes TNI AD, Jakarta, Jumat malam (8/12/2023), Kodim 0208/Asahan berhasil menyabet juara pertama Kategori Desa.

“Prestasi ini sangat membanggakan bagi satuan maupun bagi Kodam I Bukit Barisan,” ucap Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan memberikan apresiasinya di sela acara nobar dari Ruang Transit Kodim 0201/Medan, Jl. Pengadilan No. 8 Medan, Sumatera Utara.

Ucapan selamat juga disampaikan Pj. Gubernur Sumut Dr Hassanudin bersama Kapoldasu (diwakili) Dansat Brimob Poldasu, Kombes Pol Christiyanto Goetomo, S.I.K, SH, MH.

Keduanya berkesempatan ikut nobar bersama Kasdam I/BB Brigjen TNI Refrizal, Kapoksahli Pangdam I/BB Brigjen TNI David Hatigoran Hutagaol serta sejumlah PJU dari Kodam I/BB dan Poldasu.

Tak ketinggalan, Wali Kota Medan M. Bobby Afif Nasution, Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad, SIP, M.Si, beserta sejumlah Tokoh Agama dan Pimpinan Pondok Pesantren juga hadir dalam acara.

Acara nobar dimulai selepas Sholat Maghrib berjamaah, dilanjutkan santap malam serta prosesi pembukaan oleh MC.

Kemudian dilakukan pemutaran video peserta Lomba Kampung Pancasila serta laporan kegiatan dan penjurian oleh Ketua Tim Juri dari BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila), Dr. Mahnan Marbawi, MA.

Ada juga sambutan dari Head of Corporate Security PT. Astra International Tbk, setelah itu baru masuk acara puncak. Yakni penyampaian nominasi Penghargaan Kasad pada Lomba Kampung Pancasila Tahun 2023.

Untuk kategori Desa, setelah Kodim 0208/Asahan, posisi juara kedua diraih Kodim 1421/Pangkep, disusul Kodim 1508/Tobelo di posisi ketiga.

Sedangkan untuk kategori kota, juara pertama disabet Kodim 1705/Nabire, disusul juara kedua dan ketiga dari Kodim 0413/Bangka dan Kodim 1609/Buleleng.

Diacara yang sama, juga ditayangkan testimoni tentang Kampung Pancasila, paparan ILMCI (I Love My Country Indonesia), serta paparan tentang Pancasila dan Kebangsaan oleh Kepala BPIP RI Prof. Yudian Wahyudi.

Di penghujung acara, mantan Wapres RI ke-6 yang juga mantan Panglima ABRI (Pangab), Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno turut memberikan ceramah Kebangsaan, kemudian dilanjutkan sambutan penutup dari Kasad, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Tampak hadir diacara nobar itu, diantaranya Ketua MUI Sumut Dr. H. Maratua Simanjuntak, Ketua INTI (Ikatan Tionghoa Indonesia) Dr. Indra Wahidin, Ketua MUI Kota Medan Dr. H. Hasan Maksum, M.Ag, Ketua FKUB Kota Medan M. Yasir Tanjung, serta Pimpinan Ponpes Jabal Nur, KH. Zulfikar Hajar, Lc.

(Sumber : Pendam I/BB)