Masyarakat Papua Tuai Hasil Ketahanan Pangan, Satgas 623/BWU Ajak Panen Bersama

Spread the love

INN | MAYBRAT (PAPUA BARAT DAYA) – Keberhasilan pelaksanaan program ketahanan pangan Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 623/BWU terus membuahkan hasil, salah satunya budidaya ikan lele yang berhasil dipanen bersama masyarakat Kampung Konja, Distrik Aifat Utara, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, Senin (20/11/2023).

Dansatgas Pamtas Yonif 623/BWU Letkol Inf Dimas Yamma Putra, mengatakan bahwa dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di samping pos, anggota Pos Konja dapat mengisi waktu luang dengan membuat kolam dengan mengisi bibit ikan lele sekaligus mengajarkan warga Distrik Aifat Utara beternak ikan lele.

“Berbekal ilmu yang dipelajari saat Pratugas serta pengalaman ternak ikan lele di Home Base, Satgas Pamtas Yonif 623/BWU berhasil menerapkan keterampilannya untuk menghasilkan stok pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Papua,” ucap Dansatgas.

Sebanyak 1000 ekor ikan lele berhasil dipanen oleh anggota Pos Konja yang dipimpin langsung oleh Letkol Inf Dimas Yamma Putra selaku Dansatgas Yonif 623/BWU didampingi Danpos Konja Lettu Inf Kristian Laiskodat bersama masyarakat Konja setelah dipelihara tiga bulan lamanya.

Usai kegiatan panen ikan lele, personel Pos Konja mengajak masyarakat juga memanen timun dan buah semangka hasil kebun Pos Konja yang ditanam memanfaatkan lahan kosong tepat di samping Pos.

Dalam kegiatan teritorialnya Satgas Pamtas melaksanakan program ketahanan pangan di sektor pertanian dan perikanan yang diharapkan mampu menghasilkan stok pangan dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Papua.

Dansatgas berharap, warga yang lain juga mengikuti jejaknya, membudidayakan ikan lele untuk menambah penghasilan keluarga sekaligus menjaga ketahanan pangan di daerahnya.

(Sumber : Puspen TNI)