“Sosialisasi Pertanian” Warga Sungai Raya Berharap Kadistan Dairi Bisa Bantu Mencegah Hama Tikus

Spread the love

INN | DAIRI (SUMUT) – Merebaknya hama tikus yang menggangu lahan pertanian warga membuat tanaman jagung dan padi rusak, akibatnya banyak warga Dusun Borno, Desa Sungai Raya, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Kabupaten Dairi menjadi merugi.

Keluhan tersebut disampaikan saat warga menerima Sosialisasi Pertanian dari Kadistan Dairi Bapak Robot Manullang, Kamis (05/10/2023) pukul 10.00 Wib.

Sosialisasi dalam program non fisik TMMD 118 Kodim 0206/Dairi tersebut digelar di Pos Kotis TMMD di Halaman SDN.

Sosialisasi ini antusias diikuti
Masyarakat Kelompok Tani (Poktan) yang ada di Desa Sungai Raya, ada kesempatan tersebut Bapak T. Simbolon selaku Ketua Poktan Maju Bersama meminta Kadis Pertanian Kabupaten Dairi agar memberikan perhatian yang serius kepada petani di Dusun Borno karena tanaman padi dan jagung di serang Bagudung (tikus) sehingga tanaman jagung gagal panen.

“Kami warga minta kepada Kadis Pertanian Kabupaten Dairi turun tangan atasi bagudung (tikus), hama ini terus memakan jagung dan padi kami, sehingga membuat tanaman kami hancur,” harapnya.

Sementara Br Sinaga meminta Dinas Pertanian agar memberikan penyuluhan tentang tata cara mengatasi cabe mati gadis dan busuk kering, “Bantulah kami Pak Kadis, bagaimana mengatasi hama tersebut, agar tanaman kami bisa panen bagus,” keluhnya.

Amatan awak media warga sangat antuasias ikuti sosialisasi pertanian dari Kadistan kabupaten Dairi terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Kadistan.

(Sumber : Kodim 0206/Dairi)