Berkolaborasi dengan Pemko Medan, TNI AD Wujudkan Lingkungan Sehat dan Bersih Melalui Aksi Peduli Sungai

Spread the love

INN | MEDAN (SUMUT) – Guna mewujudkan sungai bersih dari sampah dan mencegah banjir, TNI AD Peduli Lingkungan kembali digelar Pemko Medan berkolaborasi dengan Kodim 0201/Medan. Rabu (27/09/2023) pagi.

Aksi gotong royong bersih-bersih sungai tersebut mengerahkan ratusan prajurit TNI dan unsur terkait selama 64 hari dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdul Rachman dihadiri Aster Kasad Mayjen TNI Ahcmad Daniel Chardien di Lapangan Benteng Jl Pengadilan Medan.

Dengan didampingi Walikota Medan dan Pj. Gubsu, Pangdam I/BB dan pejabat lainnya Kasad secara resmi membuka Apel Gelar Gotong Royong Sungai Deli.

Usai meresmikan, Kasad didampingi oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Pelaksana Tugas (Pj.) Gubernur Sumatera Utara Mayjen TNI (Purn) Hasanuddin, Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad SIP Walikota Medan Bobby Nasution, para Dandim dan Danramil sejajaran Kodim 0201 Medan serta sejumlah pejabat dan tamu VIP lainnya bersama-sama meninjau lokasi gotong royong Sungai Deli yang berada dikawasan Titipan Medan Labuhan.

Sebelum memulai peninjauan, Kasad dan para tamu VIP mengikuti acara yang digelar di Lapangan Benteng Medan, sebuah momen yang memberikan semangat tinggi untuk bersama-sama menjaga kebersihan sungai yang berperan penting bagi kesejahteraan masyarakat.

Setelah tiba dilokasi gotong royong sungai Deli, Kecamatan Medan Labuhan, Kasad beserta rombongan pertama-tama mendengarkan paparan konsep kerja gotong royong sungai Deli oleh Dinas Sumber Daya Air dan Bencana Manggarai Kota Medan, diskusi juga dilakukan dengan pihak Kementerian terkait untuk memastikan pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan efisien.

Rombongan Kasad selanjutnya menuju tepi sungai untuk melaksanakan Doorstop bersama para awak media, ini merupakan kesempatan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang tujuan dan dampak positif dari gotong royong bersih Sungai Deli ini bagi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat Medan.

Aksi gotong royong bersih sungai ini menunjukkan komitmen bersama dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Kehadiran Kasad Jend. TNI Dudung Abdul Rahman sebagai bagian dari upaya Pemerintah untuk mempromosikan partisipasi aktif TNI dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kolaborasi antara Pemko Medan dan TNI AD dalam aksi gotong royong bersih sungai Deli adalah contoh nyata upaya bersama untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sehat.

Melalui kegiatan ini, lingkungan Sungai Deli diharapkan akan terjaga dengan lebih baik, mengurangi dampak pencemaran, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitarnya, upaya ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang lebih bersih tetapi juga memberikan pelajaran penting tentang pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam menjaga alam dan kebersihan lingkungan.

Selain itu, kehadiran Kasad Jend. TNI Dudung Abdul Rahman dan pejabat lainnya dalam acara ini juga memberikan contoh positif tentang peran Pemerintah dan Institusi TNI dalam menjaga lingkungan, semoga kegiatan ini dapat menginspirasi masyarakat dan daerah lain untuk aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan mereka dan memperkuat kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya ini.

(Sumber : Pendim 0201/Medan)