Kodam I/BB Gelar Penyuluhan Hukum Dan Netralitas TNI

Spread the love

INN | MEDAN (SUMUT) – Kodam I/Bukit Barisan melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum dan netralitas TNI dengan menggandeng Babinkum TNI sebagai pemateri.

Acara dibuka Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan SH diwakili Aspers Kasdam I/BB, Kolonel Inf Irwan Budiana, dan dilangsungkan di Balai Prajurit Makodam Bukit Barisan, Jln. Gatot Subroto Km 7, 5 Medan, Selasa (19/09/2023).

Tampil sebagai pemateri, Kabidluhkum TNI, Kolonel Laut (H) Mochamad Muchlis, SH, MTr Hanla, MM, beserta tim penyuluh.

Pangdam melalui Aspers Kasdam I/BB menyambut baik kegiatan yang tujuannya untuk dapat menambah pengetahuan para Prajurit dan PNS TNI khususnya tentang masalah hukum dan Netralitas.

“Penyuluhan ini untuk memberikan pembekalan tentang Netralitas TNI dalam meningkatkan pemahaman hukum dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari. baik di lingkungan dinas maupun di tengah masyarakat, sehingga diharapkan akan tumbuh kepatuhan, ketaatan terhadap hukum, disiplin dan tertib serta meminimalisir terjadinya pelanggaran hukum di wilayah Sumatera Utara,” urai Aspers Kasdam.

Dari kegiatan ini, para Prajurit dan PNS TNI akan diberikan pemahaman yang lebih tentang aturan yang berlaku dalam menghadapi tahun politik dan Pemilu 2024 sesuai dengan undang-undang dan penekanan Panglima TNI tentang Netralitas TNI, yakni barang siapa yang melanggar Netralitas TNI bisa mendapat sanksi yang tegas seperti disiplin militer atau pidana militer.

“Oleh karena itu, melalui penyuluhan ini seluruh Prajurit dan PNS TNI dapat menyikapi perkembangan situasi politik yang semakin meningkat, dengan lebih baik dan mengikuti segala peraturan yang berlaku agar tidak terjebak dengan pelanggaran,” ucap Aspers Kasdam mengakhiri.

Turut hadir di acara, antara lain Aspers Lantamal I Belawan, Danpomal I Belawan, Kadiskumal I Belawan, Danlanud Soewondo, Aspers Kosek I Medan, Kadiskum AU Lanud Soewondo, Dansatpom AU Lanud Soewondo, Danwingko III Kopasgat, Panitera Dilmilti I Medan, Kapok Kormil Otmilti I Medan, Kadilmil I-02 Medan, Kaotmil iI-02 Medan, Asisten Pidana Militer Kejati Sumut, serta para PJU Kodam I/BB lainnya.

(Sumber : Pendam I/BB)