Aster Kasad : TMMD 118 Sinergi Lintas Sektoral Kuatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat

Spread the love

INN | JAKARTA – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bentuk sinergi lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemda dan komponen masyarakat, yang dilaksanakan secara gotong-royong untuk semakin menguatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Demikian disampaikan Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin yang juga merupakan Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasi (PJO) TMMD, dalam sambutannya saat memimpin Rapat Koordinasi Teknis TNI Manunggal Membangun Desa (Rakornis TMMD) ke-118, yang digelar di Aula A.H. Nasution Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Selasa (12/09/2023).

Aster Kasad menegaskan bahwa tujuan Rakornis TMMD ini adalah untuk menyamakan persepsi penyelenggaraan TMMD, sekaligus sebagai sarana berkoordinasi secara langsung dengan staf PJO TMMD, Kementerian/LPNK serta Pemda, dengan harapan pelaksanaan TMMD ke-118 TA 2023 dapat berjalan baik dan lancar. Kegiatan yang mengusung tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” tersebut dilaksanakan secara serentak di 50 Kabupaten/Kota dengan sistem bottom up planning, dan meliputi sasaran fisik dan non fisik.

Sementara itu, Direktur Advokasi dan Hubungan Antar Lembaga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Wahidah P., S.Sos, M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan TMMD ini dapat mengolaborasikan program pemerintah saat ini terkait penanganan dan percepatan penurunan angka stunting di seluruh wilayah Indonesia.

Hadir pada Rakornis TMMD ke-118 ini, Wakil Asisten Teritorial Panglima TNI Laksma TNI Dr. Suharto, S.H., M.Si.(Han)., CIQnR., CIQaR., serta Paban V/Bakti TNI Kolonel Inf Ichwansyah, S.H., M.H. selaku Sektretaris PJO TMMD, yang memaparkan rencana kegiatan TMMD ke-118.

Dalam Rakornis ini juga dilakukan evaluasi pelaksanaan TMMD ke-117, serta pemberian penghargaan kepada para pemenang Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-117, yang diikuti oleh 50 Dandim selaku Dansatgas TMMD, serta para insan media.

Untuk pemenang LKJ TMMD ke-117 Produk Media Elektronik Kategori Dansatgas, juara pertama diraih oleh Dandim 1507/Saumlaki, juara kedua diraih Dandim 0909/Kutai Timur, dan juara ketiga diraih Dandim 1611/Badung. Sedangkan pada Kategori Dansatgas untuk Produk Media Online/Cetak, juara pertama diraih Dandim 0803/Madiun, disusul Dandim 0801/Pacitan di posisi kedua, dan Dandim 0407/Kota Bengkulu di posisi ketiga.

Untuk Kategori Wartawan Media Elektronik, juara pertama diraih Defi (TVRI Maluku) wilayah Kodim 1510/Sula, juara kedua diraih Edi S. (TV One) wilayah Kodim 0429/Lampung Timur, dan juara ketiga diraih Ema W (Inews Mataram) wilayah Kodim 1602/Lombok Tengah. Sedangkan Kategori Wartawan Media Online/Cetak, juara pertama diraih Tri Suryaningrum (HU. Duta) wilayah Kodim 0803/Madiun, juara kedua diraih Joko Wiyono (Times Indonesia) wilayah Kodim 0801/Pacitan, dan juara ketiga diraih Syakhrian Uzma N. (Eksisnews.com) wilayah Kodim 0207/Simalungun.

(Sumber : Dispenad)