Pangdam Baru Disambut Ulos dan Pedang Pora di Kodam I/BB

Spread the love

INN | MEDAN (SUMUT) – Acara penyambutan Mayjen TNI Mochammad Hasan sebagai Pangdam I/Bukit Barisan yang baru di Makodam Bukit Barisan, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Selasa (22/08/2023), berlangsung semarak dan meriah.

Diawali dengan penerimaan Pangdam I/BB di Gerbang Utama Makodam oleh Dandenma I/BB, Kolonel Inf Danny Engel Rupingi didampingi istri, dilanjutkan menerima hormat regu jaga di Pos Satu.

Selanjutnya Pangdam I/BB beserta istri menerima pemakaian Ulos. Hal ini menjadi simbol ikatan kasih sayang yang diharapkan bisa seperti rotan atau dalam dialeg Batak disebut Hotang.

Di mana rotan atau Hotang terkenal sebagai bahan pengikat yang sangat kuat, sehingga filosofi itu menjadi doa bagi Pangdam I/BB yang baru untuk tetap terikat kuat dalam menjalan tugas dan pengabdian kepada TNI AD, bangsa dan negara.

Acara berikutnya, Pangdam I/BB didampingi ini serta Mayjen TNI A Daniel Chardin, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Refrizal, Irdam I/BB, Brigjen TNI Boni Cristian Pardede, Kapoksahli Pangdam, Brigjen TNI David Hatigoran Hutagaol dan para Danrem, melewati barisan Pedang Pora.

Kemeriahan acara bertambah semarak manakala lagu “Selamat Datang Bapak Panglima” ikut dikumandangkan untuk mengiri langkah Pangdam I/BB dan rombongan menuju Lobby Utama Makodam I/BB.

Di sana, depan Lobby Utama Makodam I/BB itu, sejumlah Pejabat Utama bersama istri masing-masing sudah menunggu. Mereka berbaris rapi di kiri-kanan untuk memberi ucapan selamat datang kepada Pangdam I/BB dan Ibu.

Acara penyambutan Pangdam I/BB diakhiri dengan tradisi korps penerimaan yang digelar di Ruang Hening.

Di sini, Pangdam I/BB melakukan penandatanganan buku tamu kehormatan yang dilanjutkan penciuman Pataka Kodam I/BB.

(Sumber : Pendam I/BB)