Puncak Kegiatan Gebyar Muharram 1445 Hijriyah Keluarga Besar UISU Berinisiatif Membentuk LEPSA-SUMUT

Spread the love

INN | MEDAN (SUMUT) – Pembentukan Lembaga Pembinaan Seni Adzan Sumatera Utara (LEPSA-Sumut) menjadi satu gagasan penting yang diusung Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) di awal tahun baru Islam 1445 Hijriyah/2023 Masehi.

Hal ini ditegaskan, Ketua Panitia Gebyar Muharram 1445 H/2023 M Keluarga Besar UISU, H. Ikrom Helmi Nasution, pada puncak kegiatan Gebyar Muharram 1445 Hijriyah Keluarga Besar UISU, Sabtu, 12 Agustus 2023, di Masjid Jami Al Munawarah, Kamus UISU SM Raja Medan.

“Melalui Gebyar Muharram 1445 H Keluarga Besar UISU ini, kita berinisiatif untuk membentuk Lembaga Pembinaan Seni Adzan Sumatera Utara. Gagasan ini sendiri dipicu dari hasil perlombaan adzan khusus mahasiswa UISU yang menjadi rangkaian dalam kegiatan syiar Islam yang kita laksanakan saat ini,” tegas Ikrom Helmi yang juga pengurus Yayasan UISU dalam laporannya.

Menurut Ikrom Helmi, sudah sepantasnya adzan yang juga menjadi bagian seni dalam syiar Islam mendapat perhatian khusus dari pemerintah, seperti layaknya LPTQ dan Lasqi yang saat ini mendapat pengakuan penuh dari pemerintah dan memiliki festival sendiri baik ditingkat kecamatan hingga nasional.

“Kita berharap seluruh muazzin yang ada di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan bisa mendapatkan pembinaan yang layak. Dengan lembaga yang kita inisiasi ini diharapkan para muazzin yang ada di Kota Medan bisa terus meningkatkan kualitasnya sebagai orang pertama yang mengingatkan umat Islam untuk melaksananakan salah satu rukun Islam yang utama,” harapnya.

Selain itu, Ikrom Helmi juga menjelaskan pihaknya sudah menyampaikan gagasan tersebut kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Universitas Islam Sumatera Utara, Prof. H. Ismet Danial Nasution, drg, PhD, Sp.Pros(K), FICD mengatakan, kegiatan Gebyar Muharram 1445 Hijriah yang diselenggarakan Keluarga Besar UISU bertujuan juga sebagai pembinaan akan dakwah islam bagi mahasiswa dalam bentuk perlombaan Adzan khusus mahasiswa.

“Semoga program pembinaan terkait dakwah islamiyah ini bisa menghasilkan figur-figur yang berkualitas dan bisa didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia khususnya Sumatera Utara yang dihasilkan oleh UISU,” harapnya.

Prof Ismet yang juga bergelar Datuk Cendikia Darmalaksana Raja ini menegaskan Yayasan UISU saat ini sangat mendukung tentang pencanangan Pembentukan Lembaga Pembinaan Seni Adzan Sumatera Utara (LEPSA-Sumut) yang saat ini sedang dalam proses penggodokan.

Terakhir, Prof Ismet juga berpesan kepada semua pihak, agar tetap mengedepankan komunikasi serta persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri menjadi UISU sebagai tempat membentuk kaum intelektual yang tetap mengedepankan ukhuwah islamiyah baik dalam bidang pendidikan maupun dakwah islam.

“Ini juga menjadi pelecut semangat bagi kita semua guna mewujudkan UISU unggul, baik dibidang pendidikan maupun dakwah islam,” pungkasnya.

Sedangkan, Gubsu Edy Rahmayadi yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprovsu, Dr Agus Tripiyono, mengapresiasi kegiatan Gebyar Muharram 1445 H Keluarga Besar UISU dan pencanangan pembentukan LEPSA-Sumut.

Mewakili Rektor UISU, Dr. Safrida SE, M.Si yakni Wakil Rektor III Ir. h. Abdul Haris Nasution, MT. mengatakan pihak rektorat siap mendukung segala bentuk kegiatan yang mengedepankan pembinaan di segala bidang yang dilaksanakan Keluarga Besar UISU.

Diketahui, dalam Gebyar Muharram 1445 Hijriah Keluarga Besar UISU, dilaksanakan lomba adzan khusus mahasiwa UISU. Dalam kegiatan yang dilaksanakan sejak Kamis, 10 Agustus 2023 dan diikuti belasan mahasiswa dari dua fakultas di UISU,  Muhammad Fakhrurrozi Nasution dari Fakultas Hukum UISU menjadi juara pertama Lomba Adzan antar Mahasiswa UISU dalam Gebyar Muharram 1445 UISU ini.

Sedangkan Ahmad Fadli Siregar, Wildan Effendi Hasibuan, Muhammad Rahmadanu, Ahmad Mustari Hasibuan dan Erico Zurisar, kelimanya dari Fakultas Agama Islam UISU menjadi juara kedua hingga harapan 3 tiga dalam perlombaan ini.

Kegiatan Gebyar Muharram 1445 Keluarga Besar UISU ini sendiri selain mengadakan perlombaan adzan juga diisi tausiyah yang disampaikan Al Ustadz Abdul Muhadir Ritonga M,PdI, serta dihadiri Ketua Pembina UISU, T. Oesman Delikhan Al Haj gelar Raja Muda Deli, anggota pembina Ir. H. Rizal Fahmi Nst, dan Ir. Hj. Susi Chairunisa. Ketua Pengawas, H. Sopyan SH. Pengurus Yayasan UISU yang hadir diantaranya Sekum, Indra Gunawan MP, Bendum, Ir. Armansyah, MT, Prof. Dr. Hasyim Purba SH, M.Hum, T. Arief Hasan Delikhan, S.Sos, MH, Dr. H. Danialsyah SH, MH dan para Dekan serta dosen.(NH)