Pimpin Upacara Bendera, Kiat Danramil Bangkitkan Nasionalisme Pelajar SMPN 1 Bangun Purba

Spread the love

INN | BANGUN PUBA (DELI SERDANG, SUMUT) – Tiga puluh tahun lalu, saya merupakan siswa di sekolah ini. Sekarang saya hadir kembali di sini untuk memberikan motivasi dan semangat kepada adik-adik sekalian agar lebih giat dan tekun belajar guna menggapai cita-cita dan masa depan di hari esok yang lebih baik.

Kalimat ini disampaikan Danramil 0204-19/Bangun Purba, Kapten Inf Warsito saat memimpin Upacara Bendera di SMPN 1 Bangun Purba, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang, Senin (7/8/2023).

Kapten Warsito menjelaskan, masa-masa di bangku sekolah, adalah masa yang indah. Namun keindahan itu akan semakin lengkap bila akhirnya sukses menjadi orang yang berhasil di masa depan.

“Semua itu bisa diraih dengan satu syarat. Belajar, belajar dan belajar. Karena di saat inilah kalian harus konsentrasi penuh untuk memulai menata masa depan yang lebih baik. Kalau saat ini kalian lalai, jangan harap ke depan akan mendapat kesuksessan,” ungkapnya.

Dan kunci kesuksesan, menurut Kapten Warsito adalah disiplin. Seperti pelaksanaan upacara bendera ini. Setiap Senin digelar, dan itu rutin dilakukan.

“Upacara bendera ini adalah bentuk latihan disiplin. Jangan dianggap sepele. Karena ini merupakan cara untuk memperkuat persatuan serta kesatuan bangsa,” jelasnya.

Upacara bendera juga sebagai wujud kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta berguna untuk membentuk sikap nasionalisme, dan patriotisme.

“Dari kegiatan upacara bendera ini, para siswa akan dibiasakan untuk selalu bersikap tertib serta disiplin. Juga untuk meningkatkan kemampuan leadership atau kepemimpinan para siswa, dan membiasakan kekompakan serta kerja sama,” urai Kapten Warsito.

Kegiatan upacara bendera berlangsung aman, lancar dan khidmat dengan dihadiri Kepala Sekolah dan para guru SMPN 1 Bangun Purba.

(Sumber : Kodim 0204/DS)