“Dialog Interaktif Halo Polisi RRI” Kapolsek Pancur Batu Kompol Noorman H.H., Sihite S.I.K., M.I.K : Pentingnya Upaya Menciptakan Situasi Kamtibmas Yang Baik

Spread the love

INN | MEDAN (SUMUT) – Dialog Interaktif Halo Polisi di RRI Medan kali ini diisi oleh narasumber dari Polsek Pancur Batu Polrestabes Medan. Rabu (05/07/2023) pukul 10.00 s/d selesai.

Yang menjadi nara sumber Dialog Interaktif Halo Polisi adalah Kapolsek Pancur Batu sendiri Kompol Noorman H.H., Sihite S.I.K., M.I.K di frekwensi/channel 94,3 FM Pro 1 RRI Medan.

Narasumber Kapolsek Pancur Batu Kompol Noorman H.H., Sihite S.I.K., M.I.K di dampingi dari Humas Polda Aiptu Widodo selaku Baur Subbid Penmas dan di pandu oleh Host RRI Medan Ricki Subandi.

Host RRI memulai pertanyaan yang di ajukan kepada Narsum terkait 3C dan Geng Motor, mulai dari apa yang di maksud dengan 3C dan apa hubungannya dengan Geng Motor hingga mereka bisa melanggar Hukum dan membuat resah kebanyakan orang atau masyarakat pada umumnya.

Menurut narasumber Kompol Noorman H.H. Sihite Sendiri bahwa 3C itu adalah Curas, curat dan Curanmor yang kerap terjadi di mana- mana, Pelaku umumnya orang dewasa namun ada juga yang di bawah umur ataupun yang sudah putus sekolah. Berbagai faktor kerap jadi pemicu dari Curas, Curat dan Curanmor ini mulai dari faktor internal, ekonomi yang lemah, kurang mendapatkan pendidikan, kurangnya pengawasan dari orang tua dan pengaruh dari luar berupa kecanduan narkoba ataupun melihat dari Sosial media yang menyerang di segala usia baik tua muda dan anak anak hingga pelaku terpengaruh dan terpancing untuk melakukan tindak kejahatan tersebut, yang tadinya hanya coba – coba lama kelamaan menjadi biasa, tanpa di sadari yang di lakukannya telah melanggar hukum.

Sambung Noorman seperti sekarang Geng Motor kerap menjadi bahasan masyarakat luas, dimana telah beredar di Medsos dan yang terpantau di jalan umum bahwa kemunculan geng motor kerap menimbulkan keresahan di masyarakat, untuk itu sambung Noorman Polsek Pancur Batu telah melakukan tindakan dan terus berjalan yaitu berupa Patroli di jam- jam rawan, razia kenderaan bermotor, sweeping dan upaya represif lainnya, dalam bulan ini saja sudah ada 58 ( lima puluh delapan ) unit sp. Motor yang di tindak dari masyarakat karena tidak memiliki dokumen yang sah dan telah di lakukan release di Polrestabes Medan, nanti juga akan kita umumkan kepada masyarakat siapa pemilik kenderaan bermotor ini silahkan bawa dokumen sah kepemilikannya, maka akan kita cek jika benar akan di kembalikan kenderaan miliknya, tak lupa juga bersama unsur 3 pilar terus menerus bahu membahu menciptakan Kamtibmas yang kondusif diwilayah hukum Polsek Pancur Batu.

“Dari personil Bhabinkamtibmas sendiri telah lakukan upaya himbauan, sambang, sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya upaya menciptakan situasi Kamtibmas yang baik dan antisipasi 3C dan Geng Motor di wilayahnya. Begitu juga ke sekolah sekolah yang ada di wilayah Pancur Batu kami datangi dan lakukan himbauan kepada para pelajar ketika pulang usai jam sekolah tidak perlu berkonvoi dengan mengendarai sepeda motor, langsung pulang dan tidak duduk- duduk atau mangkal di tempat tertentu yang bisa memancing emosi pelajar lainnya hingga terjadi tawuran antar pelajar,” Tutup pamen berpangkat melati 1 di pundaknya ini.(LD)