Keluarga Besar UISU Melaksanakan Penyembelihan Hewan Kurban 9 Ekor Lembu dan 3 Ekor Kambing 

Spread the love

INN | MEDAN (SUMUT) – Memaknai semangat berqurban di Hari Raya Idul Adha, yakni meningkatkan ketaqwaan manusia atas perintah Allah SWT dan juga makna sosial untuk berbagi, Pengurus Yayasan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menginisiasi Gerakan Arisan Berkurban (Garisban).

Hal ini dijelaskan Ketua Umum Yayasan UISU, Prof.H.Ismet Danial Nasution drg,.Ph.D,. Sp.Prost(K),FICD. Ketika Keluarga Besar UISU melaksanakan penyembelihan hewan kurban di Kampus UISU SM. Raja, Sabtu, 1 Juli 2023 kemarin.

“Yayasan menganggap ini penting. Karena dengan adanya Garisban ini akan menjadi salah satu syiar Islam dan syiar UISU. Saya sangat mengharapkan jajaran akademik untuk mendukung program ini, sehingga kita dapat menjadi pelopor. Maka dari itu jangan larut dalam rutinitas saja, kita harus melahirkan berbagai inisiatif untuk melaksanakan dakwah Islamiyah,” ujar Prof. Ismet yang bergelar Datuk Cendikia Darmalaksana Raja.

Senada dengan Prof. Ismet, Rektor UISU Dr. Safrida., SE, M.Si yang diwakili Wakil Rektor I Dr. Marzuki SH, M.Hum mengatakan, kurban merupakan peristiwa bersejarah yang diawali dari mimpi Nabi Ibrahim AS, untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail AS yang kala itu beranjak remaja. Namun karena keihklasan dan ketakwaan mereka kepada sang khalik, hingga melaksanakan perintah tersebut dan diganjar Allah SWT dengan mengganti Nabi Ismail AS dengan seekor qibas, menjadi contoh yang wahib diteladani seluruh umat muslim.

“Sami’na wa athok’na yang artinya kami mendengar dan kami taat sikap dasar yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Maka dari itu pelaksanaan qurban ini bagian dari ibadah kita. oleh karena itu tentu kami dari Universitas Islam Sumatera Utara menyampaikan terimakasih kepada para peserta qurban yang telah berkenan melaksanakan qurban di uisu, tentu harapan kita kedepan, di tahun berikutnya jumlah peserta qurban makin bertambah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Keluarga Besar UISU, H. Ikrom Helmi Nasution menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan sebesar-besarnya khususnya kepada para peserta qurban karena telah mempercayakan untuk melaksanakan ibadah qurbannya. 

“Dengan jumlah hewan qurban sebanyak 9 ekor lembu yang terdiri dari biro pusat administrasi, keluarga pendiri dan pengurus yayasan UISU, Fakultas Hukum, Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan selebihnya merupakan campuran dari berbagai fakultas sehingga berjumlah 9 ekor. Untuk 3 ekor kambing berasal dari dari FKIP, FEB, FS. Sehingga pada tahun ini UISU memberikan sebanya 450 kupon yang kita berikan kepada keseluruhan Fakultas yang ada di UISU, dan juga di berikan kepada masyarakat di sekitar,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini hadir, Ketua Pembina Yayasan UISU, T. Hamdhy Oesman Delikhan Al Haj gelar Raja Muda Deli,  anggota pembina Ir. Hj. Susi Chairunisa dan Ir. Rizal Fahmi. Sedangkan anggota pengurus yayasan yang hadir adalah Prof. Dr. H. Hasyim Purba, SH. M.Hum dan Ir. H. Syaiful Jihad serta Wakil Rektor II Ramadona Simbolon SE, M.Si, PhD. Wakil Rektor III Ir. H. Abdul Haris Nasution, MT. Wakil Rektor IV Andang Suhendi SS. MA. serta para dosen dan pegawai bersama peserta Qurban se-lingkungan Kampus UISU SM Raja.