Kodim Solok Gelar Shalat Ied dan Potong Hewan Qurban Rayakan Idul Adha 1444 H

Spread the love

INN | SOLOK (SUMBAR) – Kodim 0309/Solok ikut merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah dengan menggelar sholat ied dan pemotongan hewan qurban untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar Makodim 0309/Solok, Kamis (29/06/2023).

Perayaan diawali dengan sholat ied di Masjid Taqwa Kodim dengan imam sekaligus khatib yaitu Ustadz Drs. Musawir Saiful.

Dalam khutbahnya Ustadz Drs. Musawir Saiful mengajak para jamaah untuk mencontoh akhlak dari Nabi Ibrahim AS dan putranya yaitu Nabi Ismail AS, karena keduanya rela mengorbankan apa saja demi menunaikan perintah Allah SWT.

Nabi Ibrahim rela mengorbankan putranya untuk disembelih, sedangkan Nabi Ismail dengan senang hati berserah diri untuk disembelih guna menunaikan perintah Allah SWT.

“Sifat rela berkorban itulah yang perlu kita teladani dan wariskan kepada anak cucu kita untuk menjaga kedaulatan NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945,” tegasnya.

Ia juga memimpin doa agar para jamaah dimudahkan rezekinya sehingga di tahun yang akan dating diberikan kesempatan untuk ikut berkorban dan bahkan pergi ke tanah suci Mekah dan Madinah.

Sementara disampaikan Dandim 0309/Solok Letkol Inf Aji Satrio, S.E., M.Si melalui Ketua Kemakmuran Masjid Taqwa Kodim 0309/Solok Kapten Inf Rahmad Sofian (Perwira Seksi Intelijen), bahwa qurban merupakan upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, dengan membiasakan diri untuk berbagi dengan sesama.

“Masjid Taqwa Kodim tahun ini menyembelig hewab Qurban sebanyak 3 ekor sapi yang nanti daging qurban akan kita bagikan kepada warga sekitar Makodim terutama yang membutuhkan,” tegasnya.

Untuk hewan qurban berasal dari Jamaah Masjid Taqwa Kodim dan dari anggota yang berqurban.

Saat penyembelihan hewan qurban disaksikan Dandim 0309/Solok Letkol Inf Aji Satrio, S.E., M.Si, Ws. Kasdim 0309/Solok Mayor Inf Syahrial, Ketua DKM Masjid Taqwa Kapten Inf Rahmad Sofian, Danunit Intel Kodim 0309/Solok Lettu Arm Darmen dan peserta Qurban.

(Sumber : Pendim 0309/Solok)