Bentuk Karakter dan Berwawasan Kebangsaan, Kodim 0309/Solok Berikan Sosialisasi Krida Pramuka Saka Wira Kartika Kepada Siswa SMAN 2 Kota Solok

Spread the love

INN | SOLOK (SUMBAR) – Kodim 0309/Solok berikan sosialisasi Aplikasi Krida-Krida Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0309/Solok Triwulan II Tahun 2023 kepada Siswa Siswi Pramuka Sekolah SMAN 2 Kota Solok, Kelurahan Simpang Rumbio, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kamis (15/06/2023).

Dengan bertemakan, “Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Melalui Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Guna Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter Dan Berwawasan Kebangsaan”.

Kegiatan yang diisi langsung oleh Pembina Saka Wira Kartika dari Kodim 0309/Solok, dipimpin Serka Asmirwan beserta anggota Staf Teritorial, turut didampingi Kepala Sekolah SMAN 2 Kota Solok dan para pembina pramuka Sekolah SMAN 2 Kota Solok.

Dalam pemberian sosialisasi tersebut pembina yang memberikan materi, anggota yang sudah menguasai ilmu pengetahuan dan sudah memiliki pengalaman dibidang Krida Pramuka Saka Wira Kartika.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf P. Simanjorang melalui Serka Asmirwan mengatakan giat sosialisasi Saka Wira Kartika ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan program kerja Kodim 0309/Solok dalam melaksanakan pembinaan para generasi pemuda pelajar yang bertujuan untuk menanamkan rasa cinta dan bela tanah air serta membentuk karakter sikap disiplin.

Dalam kesempatan ini Serka Asmirwan menjelaskan pengenalan Pramuka Saka Wira Kartika kepada siswa-siswi SMAN 1 Kota Solok ini, dijelaskan bahwa Saka Wira Kartika mempunyai materi 5 (Lima) Krida, antara lain, “Krida Navigasi Darat, materinya meliputi pengenalan kompas dan membaca peta, Krida Penanggulangan Bencana Alam (PBA) yang meliputi bencana, korban bencana dan Pentahapan penanggulanan bencana, Krida Pioner adalah pengenalan mengenai tali temali cara mendirikan tenda, Krida Survival materi meliputi pengenalan tumbuh-tumbuhan dan hewan yang bisa dimakan untuk mempertahankan hidup dan Krida Mountenering meliputi rayapan tali satu, penyeberangan sungai dan peluncuran,” tuturnya.

“Sementara harapan kami diselenggarakan Sosialiasi Pramuka Saka Wira Kartika, yaitu terwujudnya generasi muda Indonesia yang memiliki kepribadian Pancasila, Terwujudnya generasi muda yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran dalam membela Negara Indonesia”.

Selain itu, “Kegiatan itu guna menumbuhkan kebanggaan generasi muda sebagai Warga Negara Indonesia yang Ber-Bhineka tunggal ika, terbentuknya fisik dan mental serta kepribadian yang baik dikalangan Generasi Muda dalam menghadapi berbagai pengaruh negatif, terbentuknya generasi muda yang mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada Nilai dan Norma Masyarakat,” pungkas Serka Asmirwan.

(Sumber : Pendim 0309/Solok)