Pangdam I/BB dan Wagubsu Ramaikan BLOT 2023 Bersama 700 Runner

Spread the love

INN | LANGKAT (SUMUT) – Bukit Lawang Orangutan Trail (BLOT) 2023 resmi dibuka dari Terminal Atas Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Sabtu (27/05/2023).

Acara pembukaan ditandai dengan Flag off Start 25 Km oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI A Daniel Chardin, SE, M.Si, bersama Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah.

Tak hanya melepas, keduanya juga ikut meramaikan kejuaraan lari lintas alam yang memadukan olah raga dan pariwisata (sport tourism) ini pada kategori 7 Km.

Konsulat Jenderal Malaysia di Medan, YM Aiyub Bin Omar, Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga PKK Sumut, Sri Ayu Mihari, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Rifky Nawawi, Irdam I/BB, Brigjen TNI Boni Christian Pardede, dan para PJU Kodam I/BB serta pejabat TNI-Polri dan sipil lainnya, juga tak mau kalah untuk unjuk kemampuan.

Kejuaraan yang berlangsung hingga Minggu (28/5/2023) besok, diikuti tak kurang dari 700 pelari (Runner). Mereka bertarung untuk menjadi yang tercepat pada kategori 7 Km, 25 Km, dan 50 Km.

Saat melakukan Flag off Start 25 Km, Pangdam I/BB mengaku sangat gembira melihat antusiasme para peserta mengikuti kejuaraan lari lintas alam ini. Sedangkan pelepasan peserta 50 Km, dilakukan Wagub Sumut, Musa Rajekshah.

“Selamat bertanding, jaga sportivitas dan keselamatan, karena lintasannya licin setelah semalam diguyur hujan,” pesan Mayjen Daniel Chardin.

Setelah itu, Pati TNI AD berkualifikasi Komando itu bergegas memeriksakan kesehatan. Ia bersama Ijeck. sapaan akrab Wagub Sumut dan berencana untuk tampil dikategori 7 Km dan Zumba, acara pelepasan dilakukan Event Director BLOT 2023.

Assistant Event Director BLOT 2023, Bela Saragih menyampaikan peserta luar negeri berasal dari 13 negara. Di antaranya USA, Perancis, Vietnam, Malaysia, dan Belanda.

Untuk kategori 7 Km, ada 400 peserta yang ikut ditambah 100 undangan, termasuk Pangdam I/BB, Wagub Sumut dan lainnya.

“Kategori 25 Km sebanyak 60 pelari, dan 50 Km sekitar 50 orang. Kalau peserta
, selain Sumut, juga dari Pulau Jawa, Kalimantan, Maluku hingga Papua,” terang Bela Saragih.

Dalam kegiatan BLOT 2023 ini, beragam aktivitas menarik lainnya juga dihelat. Selain trail run, dan jungle run, juga ada perlombaan tradisional rafting, dan kampanye satwa orangutan, serta bazar UMKM.

(Sumber : Pendam I/BB)