Yonkav 6/Naga Karimata Raih Juara II, Lomba Karya Cipta Kreatif Dengan Kembangkan Modul Start/Stop Engine Tank Berbasis IOT

Spread the love

INN | DELI SERDANG (SUMUT) – Sebagai salah satu, Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur), Batalyon Kavaleri-6/Naga Karimata telah berhasil meraih juara II dalam lomba karya cipta kreatif dengan mengembangkan inovasi dan kreativitas merakit modul start/stop engine yang mampu menghidupkan dan mematikan mesin ranpur melalui jaringan Internet Of Things (IOT).

Hal ini disampaikan Komandan Batalyon Kavaleri 6 Naga Karimata (Danyonkav 6/NK) Letkol Kav. Nugraha Yudha Prawiranegara SIP, usai memberikan pemaparan singkat
lomba Karya Cipta Kreatif dihadapan Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE, MSi dan para peserta apel Dansat Tersebar Kodam I/BB TA 2023, di Makoyon Armed 2/KS Aula Djarot Soepatmo, Delitua, Rabu (10/05/2023).

Kegiatan lomba karya cipta kreatif ini berlangsung selama dua hari, yang diikuti oleh 19 Satuan di bawah Jajaran Kodam I/BB, baik Satpur maupun Satbanpur, antara lain: Yonif R 100/PS, Yonif Mek 121/MK, Yonif 122/TS, Yonif 123/RW, Yonif 125/SMB, Yonif 126/KC, Yonif 131/BRS, Yonif 132/BS, Yonif 133/YS, Yonif RK 136/TS, Yonkav 6/NK, Yonarhanud 11/WBY, Yonarhanud 13/PBY, Yonarmed 2/105 KS, Yonzipur I/DD, Yonkomposit 1/GP, Denarh Rudal 004/WSBY, Denzipur 2/PS, Kikav 6/RBT.

Dikatakan Letkol Kav Nugraha Yudha, dengan hadirnya modul ini diharapkan bisa menjadi alternatif bagi Tank AMX-13 retrofit untuk pemanasan mesin lebih cepat, melalui pemanfaatan teknologi android yang disambungkan dengan jaringan WiFI dan terhubung dengan modul start/stop engine.

“Teknologi ini dikembangkan oleh Letda Kav M. Bimantara R bersama tim pemeliharaan satuan dengan hasil Tank AMX-13 retrofit dapat dihidupkan mesinnya tanpa awak, ” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, terobosan teknologi I.O.T dapat menjawab kompleksitas tugas satuan khususnya dalam hal pemanasan ranpur tanpa awak.

“Dengan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi serta kompleksitas tugas yang menuntut kecepatan dan faktor keamanan yang tinggi, diharapkan inovasi IOT ini dapat bermanfaat bagi satuan Kavaleri TNI AD, ” pungkasnya.

Adapun peringkat juara 1, 2 dan 3 lomba Karya Cipta Kreatif sebagai berikut ini.
Juara 1, diraih Yonif Raider 100/PS
“Menciptakan Analisis Penggunaaan Tekhnologi Surveillence Post System dalam Mendukung Ops Pam Wilayah Papua”

Juara 2, diraih Yonkav 6/Naga Karimata.
“Penerapan Internet Of Things pada Tank AMX 13 Retrofit”. Yang mana kegiatan tersebut untuk Bapak Pangdam I/BB dan Kasdam I/BB beserta Para Danrem Jajaran Kodam I/BB, telah Uji Coba alat IoT, berjalan lancar.

Juara 3, Diraih Yonif 131/Brs. “Menciptakan Lampu dan Alarm Otomatis Berbasis Sensor Gerak guna Meningkatkan Kewaspadaan Prajurit saat Melaksanakan Jaga”.

(Sumber : Penerangan Kav 6/NK)